Find Us On Social Media :

Banyak Jomblo, Begini Cara Kerja Facebook Dating Carikan Jodoh

By Adam Rizal, Kamis, 3 Mei 2018 | 12:00 WIB

Mark Zuckerberg (CEO Facebook) menjelaskan cara kerja Facebook Dating dalam ajang developer Facebook F8 di AS

Facebook akan membuat aplikasi kencan Facebook Dating mirip aplikasi Tinder, mengingat banyak pengguna Facebook berstatus Single atau jomblo. Fitur match-making itu akan melindungi data privasi dan makin menghubungkan banyak orang.

"Ada 200 juta orang di Facebook yang terdaftar single, jadi ada yang bisa kami kerjakan. Banyak pernikahan yang berawal dari Facebook," kata Mark Zuckerberg (CEO Facebook) dalam ajang konferensi developer F8 di San Jose, California, Amerika Serikat (AS) seperti dikutip Tech Crunch.

Dalam prototipe yang ditampilkan saat konferensi, akan ada ikon berbentuk hati di pojok kanan atas aplikasi Facebook. Klik ikon itu dan pengguna akan masuk ke profil untuk berkencan.

Cara kerjanya, Facebook Dating akan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk membuat dan mengatur profil kencan hanya dengan nama pertama. Untuk kerahasiaan, Facebook akan membuat profil kencan Anda tidak terlihat oleh teman di Facebook dan semua informasi tidak akan muncul di News Feed.

Setelah itu, Anda bisa mencari event di kota dan grup yang cocok dengan ketertarikan Anda. Kemudian, Anda bisa memilih mana yang akan dijadikan teman kencan dan Anda bisa melihat profil dari teman kencan yang telah terhubung satu sama lain.

Jika sama-sama tertarik, Anda akan bisa memulai pembicaraan dengan seseorang di kotak masuk spesial terpisah dari Messenger dan WhatsApp. Sistem algoritma Facebook juga akan mencomblangkan calon pasangan berdasarkan hal-hal yang dicari dari pasangan, kesamaan kesukaan dan kesamaan pertemanan.

Prototipe itu menunjukkan tidak ada model "geser" ke kanan atau kiri untuk menemukan orang yang disukai, berbeda dengan Tinder dan banyak aplikasi kencan lainnya.

"Fitur ini hanya untuk mencari pasangan yang serius, bukan untuk bersenang-senang," pungkasnya.

Dalam pemaparan terpisah, Chris Cox (Chief Product Officer Facebook) mengatakan Facebook sudah memikirkan fitur kencan Facebook Dating sejak 2005 dan Facebook baru serius menggarap layanan berkencan pada 2016 ketika Zuckerberg mengunggah pasangan yang berkenalan lewat Facebook.

"Percakapan dengan calon pasangan akan dimulai melalui saling berkomentar di foto, dan demi keamanan, percakapan hanya tersedia melalui pesan teks.