Find Us On Social Media :

Kini Chrome Hadir dengan Logo Baru, Lebih Simple dan Modern

By Rizal, Selasa, 8 Februari 2022 | 09:00 WIB

Desain Logo Chrome terbaru

Akhirnya Chrome mengubah logo untuk pertama kalinya sejak 2014 atau 8 tahun sejak berdiri.

Desainer Google Chrome Elvin Hu membagikan tampilan pertama desain ulang logo Chrome melalui cuitan di Twitter.

Dari tahun 2008 hingga sekarang, logo Chrome semakin sederhana. Mulai dari lambang tiga dimensi yang mengkilap, hingga menjadi lambang 2D yang minimalis. Sepintas, perubahan desain itu tidak terlalu kentara tetapi berbeda ketika Anda memperhatikannya secara detail.

Pada logo sebelumnya, bayangan dari setiap warna melebar ke warna lainnya. Sedangkan pada logo baru, Hu menghilangkan bayangan dari setiap warna yang melebar karena terlihat tidak menyenangkan.

"Logo baru ini lebih modern karena menggunakan gradien warna baru. Kami menyederhanakan ikon merek utama dengan menghilangkan bayangan, menyempurnakan proporsi dan mencerahkan warna, untuk menyelaraskan dengan ekspresi merek Google yang lebih modern,” kata Hu seperti dikutip The Verge.

Hu mengatakan logo baru Chrome terlihat lebih hidup dan lingkaran biru di tengah tampaknya lebih besar dari sebelumnya. Terutama pada sistem ChromeOS, logo Chrome tampil lebih berwarna dari logo di sistem lainnya.

"Logo Chrome utama di setiap sistem akan berbeda dan terlihat lebih hidup," ujarnya.

Sedangkan versi Windows 10 dan 11 memiliki gradien yang lebih dramatis sehingga cocok dengan gaya ikon Windows lainnya.

Ada juga beberapa ikon baru untuk logo Chrome versi beta dan pengembang, dengan perubahan paling dramatis adalah ikon gaya cetak biru untuk aplikasi beta di iOS.

Hu juga mencatat bahwa tim desain bereksperimen dengan garis putih yang berfungsi sebagai batas antara setiap warna, tetapi menemukan bahwa ini membuat keseluruhan ikon lebih kecil, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk dikenali di antara aplikasi Google lainnya.