Find Us On Social Media :

GoPay dan BEI Edukasi 16 Juta Orang Lewat Program FinanSiap

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 Februari 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi GoPay FinanSiap

GoPay, Gojek dan Tokopedia, tiga lini bisnis dari Grup GoTo, melanjutkan komitmen jangka panjangnya dalam menyediakan program literasi keuangan untuk masyarakat Indonesia melalui program FinanSiap.

Program tersebut telah melewati salah satu tonggak sejarah penting dalam kolaborasinya dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengadakan edukasi keuangan dan investasi, yang telah berlangsung sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.

Melalui kolaborasi ini, FinanSiap mencatat pencapaian yang menjangkau lebih dari enam belas juta audiens melalui seluruh kanal publikasi FinanSiap dan BEI, termasuk melalui situs FinanSiap, Tokopedia Play, GoPlay, kanal media sosial, iklan digital, serta berbagai sarana lainnya.

Pencapaian tersebut memperluas cakupan masyarakat yang mendapat akses edukasi literasi keuangan dan melengkapi berbagai program serta inisiatif yang sebelumnya telah dilakukan oleh BEI.

FinanSiap merupakan program literasi keuangan dari GoPay yang pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada Juli 2021.

Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi melalui edukasi keuangan gratis, khususnya bagi kelompok usia muda. FinanSiap pun menyediakan berbagai topik perencanaan keuangan dan investasi yang dikemas secara atraktif sekaligus interaktif.

Di tengah merebaknya partisipasi investor ritel di pasar modal, program FinanSiap kali ini dilakukan dalam rangka mendukung BEI mengedukasi serta membangun pemahaman masyarakat, khususnya calon investor untuk menjadi investor yang cerdas.

Hal tersebut menunjukkan komitmen penuh BEI dalam menciptakan generasi muda Indonesia yang melek investasi seraya memastikan hadirnya pasar modal yang inklusif dan terpercaya bagi seluruh pemangku kepentingan.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, “Pada akhir 2021, BEI mencatat ada hampir 7,5 juta investor pasar modal; sebuah peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Dengan meningkatnya jumlah investor ini, semakin besar pula tanggung jawab BEI untuk mengedukasi masyarakat agar dapat berinvestasi secara cerdas dan cermat. Enam belas juta orang yang dapat kami edukasi bersama GoPay, Gojek, serta Tokopedia melalui program FinanSiap ini menjadi pencapaian baik bagi BEI serta pemangku kepentingan pasar modal Indonesia, dan kami sangat antusias untuk menyambut potensi kerja sama dengan berbagai pihak lainnya di masa depan.”

Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria menjelaskan, “GoPay, sebagai bagian dari ekosistem GoTo, berkomitmen untuk memperluas fungsinya - tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai sarana yang membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansialnya. Sejak dimulai beberapa bulan silam, kami telah melihat antusiasme dari masyarakat dalam mengakses materi edukasi keuangan FinanSiap.  Edukasi ini tidak terbatas bagi masyarakat pada umumnya, namun juga kami tujukan bagi mitra usaha yang sudah tergabung dalam GoTo Financial & Tokopedia Seller. Kami berharap materi-materi ini menginspirasi mereka untuk bisa memegang kendali atas keuangan pribadinya serta merencanakan keuangan mereka di masa depan.”  

Berbagai sesi FinanSiap juga menunjukkan ketertarikan masyarakat dalam kegiatan yang meningkatkan literasi keuangan.

Lewat survei partisipan yang telah dilakukan di antaranya, rata-rata lebih dari 70% responden meyakini FinanSiap telah menginspirasi mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, dan rata-rata lebih dari 70% tertarik untuk mengikuti sesi-sesi FinanSiap di kemudian hari.

Selain itu, responden juga menyatakan ketertarikan mereka terhadap beberapa topik, seperti pengelolaan keuangan pribadi, pemilihan investasi bagi pemula, analisis keuangan, hingga berinvestasi melalui pasar modal. Di media sosial sendiri, Finansiap berhasil menjangkau lebih dari 693 ribu pengguna lewat konten-konten ringan yang edukatif.

“Dengan ketertarikan yang luar biasa dari audiens FinanSiap, kami akan terus melanjutkan program FinanSiap dengan beragam konten edukasi yang menarik, mudah dipahami, dan inspiratif bagi masyarakat. Kami mengapresiasi para pembicara serta para mitra, khususnya BEI yang telah menjadi mitra kami dalam mengedukasi masyarakat selama empat bulan terakhir. Ke depannya, kami berharap dapat terus mendukung masyarakat mencapai tujuan finansialnya melalui pemanfaatan GoPay, termasuk lewat edukasi keuangan yang disajikan melalui FinanSiap,” tambah Fibriyani.

Melanjutkan pencapaian baik ini, FinanSiap akan terus hadir dengan berbagai konten edukasi baru yang menjawab kebutuhan masyarakat terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Masih dengan semangat yang sama, FinanSiap telah meluncurkan buku pintar keuangan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengatur keuangan. Hingga Januari 2022, materi ini telah diunduh oleh lebih dari 26 ribu pemilik usaha.

Melalui kelanjutan program FinanSiap, GoPay berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat dalam bidang keuangan secara luas.

Berbagai kegiatan yang akan dilakukan di bawah program FinanSiap akan berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat melalui seluruh kanal yang berada di dalam ekosistem GoPay dengan harapan masyarakat dapat mengakses berbagai layanan finansial dengan cermat.

Materi FinanSiap dapat diakses secara gratis melalui tautan gpy.id/finansiap, serta melalui media sosial Instagram dan YouTube GoPay Indonesia.

Baca Juga: Pakai Mobil Mewah, GoCar Premium Siap Mengaspal di Singapura