Find Us On Social Media :

DANA Kerja Sama dengan Dekranasda Pontianak, Bantu Digitalisasi UMKM

By Cakrawala, Sabtu, 12 Februari 2022 | 10:00 WIB

Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Officer DANA; kiri) dan Yaniata Arbiastutie (Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Pontianak) berfoto bersama pada acara penandatangan nota kesepahaman antara DANA dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Pontianak belum lama ini di Pontianak.

DANA baru saja di Pontianak mengumumkan kerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Pontianak. Ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman alias MoU (memorandum of understanding) antara keduanya, kerja sama tersebut bertujuan untuk membantu digitalisasi dan pengembangan para UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) binaan Dekanasda Pontianak. DANA menyebutkan akan membantu UMKM yang dimaksud memanfaatkan teknologi digital sehingga bisa terhubung dengan ekosistem digital dan bisa memasarkan produknya secara lebih luas.

DANA menegaskan kerja sama dengan Dekranasda Pontianak sesuai dengan komitmennya untuk mendorong pengembangan potensi perekonomian daerah. DANA pun menambahkan bahwa kerja sama itu diharapkan juga bisa mengakselerasi literasi keuangan digital masyarakat di sana, tidak hanya UMKM. DANA berharap penggunaan teknologi digital oleh UMKM binaan Dekanasda Pontianak bisa memantik masyarakat yang menjadi konsumennya untuk bertransaksi digital. DANA selama ini memang mengeklaim berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital di Indonesia.

“Pontianak memilik potensi yang besar, mulai dari pariwisata, kuliner hingga kerajinannya. Di era digital ini, DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan akan membantu Pontianak untuk mendigitalisasi perekonomiannya baik melalui onboarding UMKM, memberikan pelatihan, maupun memasarkan produk-produk mereka,” sebut Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Officer DANA). “Harapannya, adopsi dompet digital DANA di UMKM Pontianak, tidak hanya akan mengakselerasi literasi keuangan digital di kalangan pelaku usaha saja. Namun, upaya ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk bertransaksi digital," tambahnya.

“Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Deskranada Pontianak terhadap pengembangan UMKM melalui pemasaran dan pembayaran digital. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi UMKM, karena saat pandemi ini gerak dan ruang UMKM terbatas, melalui kerja sama ini UMKM bisa berkreasi, berinovasi dan menjual produknya melalui platform digital,” kata Yaniata Arbiastutie (Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Pontianak).

Melalui kerja sama DANA dan Dekanasda Pontianak, DANA akan membantu proses digital onboarding para UMKM binaan Dekanasda Pontianak agar terhubung dengan ekosistem digital dan bisa memasarkan produknya secara lebih luas. DANA meyakini teknologi keuangan yang dimilikinya bisa membantu UMKM tersebut mengoptimalkan potensinya untuk menciptakan produk dengan daya saing tinggi. Selain itu, DANA juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para UMKM di Pontianak untuk meningkatkan daya saing mereka.

DANA menambahkan bahwa DANA sendiri telah hadir dan digunakan oleh banyak UMKM di Pontianak, khususnya melalui fitur QRIS pada DANA Bisnis. DANA mengeklaim fitur QRIS yang membolehkan pelaku usaha menerima pembayaran nontunai tersebut, saat ini telah digunakan oleh 2.000 UMKM di Pontianak. DANA mencontohkan pedagang oleh-oleh di Jalan Patimura dan kapal wisata Sungai Kapuas.