Find Us On Social Media :

Google Bakal Hentikan Layanan Enterprise Google Currents 2023

By Rizal, Rabu, 16 Februari 2022 | 12:00 WIB

Gantikan Google+, Google Kenalkan Google Currents untuk Pelanggan Korporasi

Google akan menghentikan layanan Google Currents yang tersedia di layanan enterprise G Suite pada 2023.

Google Currents sendiri dirancang untuk berkomunikasi antara anggota sebuah komunitas atau perusahaan.

Sebagai gantinya, pengguna Google Currents akan beralih menggunakan layanan Google Spaces yang hadir pada 2021. Space sendiri adalah aplikasi mobile yang bakal menunjang diskusi grup dengan fitur berbagi konten tanpa harus keluar dari aplikasi.

"Sejak meluncurkan Spaces, banyak pelanggan yang memberikan tanggapan bahwa mereka menikmati integrasi produk di Google Workspace, termasuk Gmail, Calendar, Drive dan Meet, serta pengalaman kolaborasi yang lancar," kata Google dalam postingan di blog perusahaan.

"Dengan tersedianya Spaces, mulai tahun 2023, kami berencana untuk menghentikan Google Currents dan akan membawa konten serta komunitas yang tersisa ke pengalaman Spaces yang baru," lanjut Google seperti dikutip XDA Developers.

Sebelum Currents ditutup, Google akan menambahkan beberapa fitur baru ke Spaces. Namun rinciannya belum diungkap detail oleh perusahaan. Yang jelas, fitur baru itu akan mendukung komunitas yang lebih besar, tersedia tools untuk moderasi konten, dan lainnya.

"Kami akan menghadirkan kemampuan baru di Spaces untuk membantu Anda berkomunikasi dan berkolaborasi secara lebih efektif. Ini termasuk dukungan untuk komunitas yang lebih besar dan komunikasi kepemimpinan, investasi pada pencarian yang canggih, alat untuk moderasi konten dan sebagainya," tulis Google.

Pengguna masih dapat memakai layanan Google Currents hingga beberapa bulan mendatang. Dalam periode tersebut, Google juga mendorong pengguna untuk migrasi ke Spaces.

Nantinya Google akan menghentikan fitur Currents secara bertahap termasuk fitur analisis postingan, notifikasi mobile, profil influencer dan lainnya. Sebab, fitur ini dinilai memiliki tingkat penggunaan yang rendah.