Find Us On Social Media :

ASUS Zenbook 14X OLED Resmi Meluncur. Ini Spesifikasi dan Harganya

By Dayu Akbar, Jumat, 18 Februari 2022 | 18:00 WIB

ASUS memperbarui lini laptopnya yang kali ini menggunakan layar dengan panel OLED, salah satunya melalui seri ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401).Secara umum, jelas bahwa panel OLED menghadirkan kualitas layar yang lebih baik dibanding IPS. Teknologi layar OLED dirancang untuk menghadirkan kualitas visual terbaik dan cocok untuk berbagai skenario penggunaan mulai dari sekadar berselancar di internet hingga menikmati berbagai hiburan digital. Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.Layarnya  memiliki ukuran 14,4 inci dengan resolusi 2,8K (2880x1800), serta memiliki rasio layar 16:10 sehingga memiliki ruang kerja lebih luas dibandingkan laptop pada umumnya yang masih menggunakan rasio layar 16:9.

ASUS juga menyematkan fitur Eye Care sehingga tidak membuat mata cepat lelah serta mampu melindungi mata dari paparan radiasi cahaya biru dalam jangka waktu yang panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blu light dan anti-flicker.Layarnya dilengkapi dengan engsel yang diberi nama ErgoLift Hinge sehingga dapat mengangkat bodi utama untuk kenyamanan saat mengetik. Tidak hanya itu, Zenbook 14X OLED dibekali layar sentuh yang dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan untuk berbagi layar dan berkolaborasi. Layar tersebut juga dapat digunakan sebagai konvas digital melalui penggunaan stylus yang telah didukung oleh teknologi Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0 terbaru.Seri Zenbook sendiri hadir sebagai laptop yang dirancang dengan dimensi ringkas dan ringan. Dimensinya tidak jauh berbeda dengan kertas A4 dengan ketebalan hanya 1,59cm dan bobot 1,4kg, laptop ini sangat mudah dan nyaman untuk dibawa bepergian bahkan tanpa harus menggunakan tas laptop berukuran besar. Salah satu rahasia mengapa Zenbook 14X OLED (UX5401) tampil sangat ringkas adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut memungkinkan bezel pada layar Zenbook 14X OLED (UX5401) dapat tampil sangat tipis, yaitu hanya 3mm di kedua sisi layarnya. Bezel yang tipis membuat dimensi laptop bisa dipangkas dan dibuat lebih ringkas.Untuk spesifikasi lainnya, laptop ini hadir dua pilihan SKU yaitu Intel Core i5-1135G7 yang ditandem dengan RAM 8 GB DDR4 dan storage SSD 512 GB, serta Intel Core i7-1165G7 dengan RAM 16 GB DDR4 dan SSD 1 TB. Sementara baterainya memiliki kapasitas 63Whr.

Fitur unik lainnya yaitu dengan hadirnya tombol numpad virtual. Fitur bernama NumberPad memungkinkan pengguna untuk mengubah touchpad menjadi numpad dengan mudah dan cepat. Tombol numpad merupakan fitur yang penting bagi sebagian orang, khususnya mereka yang sering bekerja dengan spreadsheet dan angka. Sebagai laptop modern, Zenbook 14X OLED telah dilengkapi dengan port yang lengkap hingga penggunanya tidak perlu lagi membawa dongle, termasuk USB Type-C Thunderbolt 4. Sementara untuk konektivitas nirkabelnya mengandalkan WiFi 6 untuk memastikan penggunanya dapat terhubung setiap saat dengan mudah. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401) dengan varian Intel Core i5 dibanderol seharga Rp17.299.000, sedangkan varian Intel Core i7 seharga Rp22.499.000. Keduanya memiliki masa garansi secara global selama 2 tahun.