Find Us On Social Media :

Palo Alto Networks Umumkan NGFW Baru, Seri PA-3400 dan Seri PA-5400

By Cakrawala, Minggu, 20 Februari 2022 | 10:00 WIB

Palo Alto Networks seri PA-3400 (atas) dan seri PA-5400.

Palo Alto Networks baru saja di Jakarta mengumumkan tambahan terbaru dari lini perangkat NGFW (next generation firewall)-nya yang ditenagai ML (machine learning), yakni seri PA-3400 dan seri PA-5400. Keduanya merupakan NGFW generasi keempat Palo Alto Networks dan diklaim menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Palo Alto Networks mengatakan bahwa peningkatan yang dimaksud antara lain diperoleh berkat penggunaan prosesor multicore yang lebih maju dan arsitektur yang lebih cepat dan efisien. Keduanya ditujukan untuk melindungi pusat data, “kampus”, cabang, dan enterprise edge.

Palo Alto Networks menambahkan bahwa seri PA-3400 dan seri PA-5400 melengkapi lini generasi keempat NGFW-nya. Sebelumnya Palo Alto Networks telah menawarkan seri PA-400 dan seri PA-5450. Pengumuman yang dilakukan sebenarnya lebih merupakan pengenalan. Peluncurannya sendiri akan digelar secara virtual pada sekitar pertengahan bulan depan.

“Saat ini, kami melihat adanya peningkatan kebutuhan bandwidth para pelanggan kami yang sejalan dengan bentuk aksi penyerangan siber yang makin canggih, sehingga menimbulkan kebutuhan firewall pelanggan yang selalu naik secara konstan,” ujar Lee Klarich (Chief Product Officer Palo Alto Networks). “Mulai dari perlindungan untuk berbagai ukuran data center, jaringan kampus, sampai keseluruhan enterprise edge, perangkat keras generasi keempat kami menjadi solusi untuk kebutuhan para pelanggan kami,” tambahnya.

Palo Alto Networks menyebutkan NGFW seri PA-3400 dan seri PA-5400 menawarkan kinerja sehubungan keamanan siber yang sampai tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Setiap core pada seri PA-3400 diklaim mampu memeriksa konten sampai hampir empat kali banyaknya generasi sebelumnya. Sementara, setiap core pada seri PA-5400 diklaim mampu memeriksa konten sampai tujuh kali lebih banyak dari generasi sebelumnya. Palo Alto Networks seri PA-3400 sendiri merupakan perangkat 1U, sedangkan Palo Alto Networks seri PA-5400 merupakan perangkat 2U.

Palo Alto Networks pun menegaskan bahwa NGFW seri PA-3400 dan seri PA-5400 menawarkan pengurangan penggunaan ruang pada rak sampai 50%. Keduanya juga menawarkan efisinesi energi yang lebih baik. Alhasil Palo Alto meyakini seri PA-3400 dan seri PA-5400 bisa membantu organisasi dalam membuat infrastruktur TI-nya lebih ramah lingkugan alias lebih berkelanjutan.

“Bisnis di Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk mengimbangi evolusi berbagai ancaman baru terhadap infrastruktur TI mereka. Studi memperkirakan serangan siber di Indonesia berpotensi menimbulkan kerugian ekonomi sebesar Rp478,8 triliun atau 3,7% dari total PDB negara,” jelas Adi Rusli (Country Manager Indonesia, Palo Alto Networks). “Peningkatan kinerja perlindungan dan mekanisme deteksi yang berkelanjutan harus menjadi prioritas utama personel TI dan perusahaan dengan berbagai skala bisnis,” pungkasnya.