Find Us On Social Media :

Geser Apple dan Xiaomi, Samsung Rajai Pasar Smartphone di Dunia

By Rizal, Senin, 21 Februari 2022 | 09:00 WIB

Samsung Masih Galau untuk Luncurkan Ponsel Lipat Galaxy Fold

Samsung sukses mengirimkan paling banyak unit HP pada 2021, melampaui Apple dan beberapa brand ponsel berbasis Android seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Laporan Perusahaan Data Internasional (IDC) mengungkapkan Samsung mengirimkan 272 juta unit HP atau memegang 20 persen pangsa pasar HP global.

Di bawah Samsung, ada Apple yang mengirimkan iPhone sebanyak 235,7 unit tahun lalu.

Di peringkat ketiga, ada Xiaomi yang mengirimkan HP sebanyak 191 juta unit, Oppo sebanyak 133,5 juta unit, dan Vivo 128,3 juta unit. Total, perusahaan-perusahaan mengirimkan 1,35 miliar smart phone tahun 2021, naik 5,7 persen dari tahun sebelumnya.

IDC mengakui pasar smart phone masih memiliki masalah rantai pasokan. Dampaknya, para vendor smartphone itu mengirimkan smartphone lebih sedikit pada kuartal IV-2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Rantai pasokan dan kelangkaan komponen mulai berdampak pada pasar smartphone saat masuk paruh kedua tahun ini dan hal ini terus berlanjut hingga memasuki 2022," kata Wakil Presiden IDC untuk riset perangkat mobile global, Ryan Reith, dikutip Cnet.

Kemudian, ada dua faktor yang meningkat daya tarik pasar smartphone adalah kehadiran HP lipat yang mendapatkan sambutan positif dan HP yang mendukung 5G.

Sebagai informasi, angka yang dihadirkan IDC sedikit berbeda dengan laporan Counterpoint Research. Samsung masih menjadi yang pertama dengan 272 juta ponsel dan Apple di tempat kedua 235,7 juta. Xiaomi berada di belakang Samsung dan Apple sebanyak 191 juta unit. Oppo dan Vivo mengirimkan 133,5 juta dan 128,3 juta unit.