Find Us On Social Media :

Banjir Pesanan, TSMC Garap Modem 5G iPhone 14 dan Snapdragon 8 Gen 1

By Rizal, Kamis, 24 Februari 2022 | 12:00 WIB

A security staff stands next to a logo of the Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, (TSMC), during

Perusahaan semikonduktor raksasa Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) mengambil alih semua pesanan modem 5G iPhone 14.

Modem 5G buatan TSMC itu akan mengusung desain node 6nm, jauh lebih canggih dari modem Qualcomm yang digunakan iPhone saat ini.

TSMC mengklaim Modem 5G buatan akan meningkatkan daya tahan baterai iPhone 14 dan meningkatkan kualitas manajemen daya serta meningkatkan gelombang mmWave dan frekuensi radio seperti dikutip Phone Arena.

Garap Chip Snapdragon 

Qualcomm baru-baru ini meluncurkan chipset unggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang menggunakan node proses 4nm. Sebuah situs Korea, Thelec melaporkan bahwa Samsung itu telah kehilangan bisnis untuk memproduksi chip seri Snapdragon Qualcomm.

Samsung menghadapi masalah besar dengan produksi chip Snapdragon karena tingkat hasil untuk chip Snapdragon 8 Gen 1 adalah sekitar 35 persen. Artinya, dari 100 chip yang diproduksi, hanya 35 chip yang cukup baik untuk digunakan oleh produsen ponsel seperti dikutip Gizmochina.

Tingkat hasil itu cukup buruk. Karena itu, Qualcomm menggandeng TSMC untuk memindahkan bisnisnya kembali ke pengecoran yang berbasis di Taiwan. 

Dikatakan tingkat hasil untuk chip 4nm dari TSMC adalah sekitar 70 persen, dua kali lipat dari apa yang ditawarkan Samsung. Dilaporkan juga bahwa bersama dengan Qualcomm, NVIDIA juga pindah dari Samsung ke TSMC untuk chip grafis 7nm yang semula direncanakan akan diproduksi oleh perusahaan Korea Selatan itu.