Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Switch PCI Express Gen 4 Berkualifikasi Otomotif

By Cakrawala, Minggu, 27 Februari 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi Microchip Switchtec Gen 4 berkualifikasi otomotif.

Microchip belum lama ini telah mengumumkan lini switch PCI Express Gen 4 berkualifikasi otomotif di dunia. Diklaim sebagai yang pertama di pasar, Microchip menyebutkan switch PCI Express Gen 4 berkualifikasi otomotif tersebut bisa menjadi solusi yang memberikan kapabilitas interkoneksi untuk komputasi pada ADAS (advanced driver assistance systems). Terdapat tiga seri Switchtec yang diumumkan, yakni PFX, PSX, dan PAX. PCI Express Gen 4 sendiri tentunya menawarkan kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini.

“Portofolio switch Switchtec Gen 4 berkualifikasi otomotif kami menyediakan latensi terendah dan bandwidth tinggi yang diperlukan untuk menghubungkan CPU dan blok bangunan akselerator yang digunakan dalam aplikasi ADAS,” ujar Krishna Mallampati (Associate Director Pemasaran dan Aplikasi di unit bisnis solusi pusat data Microchip). “Kami sangat senang melihat hasil dari kerja sama beberapa tahun dengan mitra teknologi kunci untuk membawa solusi ini ke pasar,” tambahnya.

Microchip mengeklaim bahwa switch Switchtec PCI Express Gen 4-nya menyediakan interkoneksi kecepatan tinggi yang mendukung pemrosesan data sehubungan keselamatan dan bersifat kritis secara terdistribusi dan real-time pada arsitektur ADAS. Microchip menambahkan bahwa PCI Express muncul sebagai solusi interkoneksi komputasi pilihan untuk industri otomotif. Microchip menyebutkan alasannya serupa dengan yang membuat PCI Express menjadi interkoneksi komputasi pilihan pada pusat data. Secara spesifik Microchip menyebutkan PCI Express memberikan latensi ultrarendah serta bandwidth scalability yang hemat energi untuk prosesor dan akeselerator.

“Kualifikasi solusi Microchip untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif yang ketat adalah pencapaian yang penting di mana NVIDIA berkolaborasi dengan erat,” ujar Michael Truog (Direktur Senior Arsitektur Platform Otomotif di NVIDIA). “Switch PCIe otomotif Microchip menghadirkan fleksibilitas dan kemampuan untuk diprogram yang canggih, yang memungkinkan konektivitas SoC dan GPU berkecepatan tinggi dalam platform NVIDIA DRIVE kami,” sebutnya lagi.

Switchtec PCI Express Gen 4 kini tersedia dalam produksi. Terdapat pula perkakas untuk pengembangan, yakni Microchip ChipLink.