Find Us On Social Media :

Kalahkan Samsung, Ini Rahasia Pertumbuhan Realme Tercepat di Eropa

By Rizal, Senin, 28 Februari 2022 | 13:00 WIB

realme 9 Pro (Aurora Green) dan realme 9 Pro+ (Sunrise Blue)

Pertumbuhan bisnis Realme cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir dengan tawaran varian smartphone dari entry level hingga high-end.

Firma riset teknologi Strategy Analytics mengungkap Realme adalah vendor smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Eropa pada tahun lalu. Padahal, usia realme di Eropa baru 3 tahun.

Strategy Analytics mengungkapkan pengiriman smartphone Realme tumbuh sebesar 500 persen pada kuartal keempat 2021. Secara total pertumbuhan realme selama 2021 menyentuh 548 persen.

Sebagai perbandingan, pertumbuhan bisnis smartphone Xiaomi hanya 33 persen dan Oppo hanya 77 persen.

Pengiriman smartphone Realme tumbuh 643 persen secara YoY di Eropa Tengah dan Timur. Pengiriman Realme juga tumbuh 416 persen di Eropa Barat pada 2021 seperti dikutip Gizmochina.

Jadi ada lima merek dengan pangsa pasar tertinggi di Eropa yaitu Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Realme pada 2021.

Strategy Analytics mengungkap rahasia kesuksesan realme di Eropa adalah strategi pemasaran yang tepat, portofolio produk beragam, spesifikasi produk yang kompetitif, dan penetapan harga agresif.

Samsung merupakan merek smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Eropa. Meski angka pangsa pasar menyentuh 29 persen, namun pertumbuhan pengiriman justru turun di angka -1 persen secara YoY.

Kinerja Realme dalam hal pangsa pasar juga patut diacungi jempol. Realme mampu meraih pangsa pasar sebesar 3 persen, di mana mereka hanya berselisih sedikit dari sang saudara kandung yaitu Oppo di angka 5 persen.