Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Flashtec NVMe 4016, Diklaim yang Paling Tinggi

By Cakrawala, Minggu, 6 Maret 2022 | 10:00 WIB

Microchip Flashtec NVMe 4016.

Microchip beberapa hari lalu mengenalkan Flashtec NVMe 4016 di dunia. Flashtec dari Microchip adalah NVMe SSD controller dan Flashtec NVMe 4016 adalah yang terbaru. Bukan sekadar baru, Microchip mengeklaim Flashtec NVMe 4016 adalah PCI Express Gen 5 NVMe SSD controller dengan kinerja yang paling tinggi pada industri. Ditujukan untuk enterprise, Microchip menyebutkan Flashtec NVMe 4016 menawarkan throughput lebih dari 14 GB/s dan lebih dari 3 juta IOPS (input/output per second atau input/output operations per second).

Sekadar informasi, Flashtec NVMe SSD controller generasi sebelumnya menawarkan “hanya” lebih dari 10 GB/s dan lebih dari 2 juta IOPS. Microchip pun menambahkan bahwa PCI Express Gen 4 NVMe SSD controller pada umumnya memberikan 6 GB/s dan lebih dari 1 juta IOPS.

“Microchip dengan bangga mengumumkan generasi lanjutan dari lini produk Flashtec NVMe controller kami. Performanya yang terdepan di pasar, ditambah dengan arsitektur kami yang telah terbukti dan fleksibel, membuktikan bahwa NVMe 4016 dapat menyediakan platform mutakhir bagi pelanggan cloud dan OEM kami untuk solusi PCIe Gen 5 NVMe SSD mereka,” kata Pete Hazen (Vice President Data Center Solutions Business Unit Microchip).

Microchip menyebutkan Flashtec NVMe 4016 hadir dengan enam belas kanal NAND flash yang bisa diprogram dan mendukung kecepatan sampai 2.400 MT/s. Microchip Flashtec NVMe 4016 mendukung NAND flash memory SLC, MLC, Enterprise MLC, TLC, dan QLC dengan Toggle dan ONFI (Open NAND Flash Interface). Kapasitas total maksimumnya adalah sampai lebih dari 200 TB.

Sementara, untuk antarmuka PCI Express-nya, Microchip Flashtec NVMe 4016 mendukung PCI Express 5.0 x8 atau dual independent PCI Express Gen 5.0 x4 (aktif, aktif/standby). Adapun antarmuka NVMe-nya, Microchip Flashtec NVMe 4016 mendukung NVMe 2.0.

Microchip pun menekankan bahwa Flashtec NVMe 4016 membolehkan vendor yang menggunakannya untuk memanfaatkan firmware masa kini vendor bersangkutan yang telah dikembangkan sebelumnya. Dengan kata lain membolehkan vendor untuk menggunakan investasinya. Selain itu, hal tersebut juga memberikan pengguna produk vendor yang dimaksud kepercayaan menggunakannya untuk aplikasi cloud dan enterprise yang paling berat.

“Prosesor Next Gen Intel Xeon Scalable milik Intel yang akan datang, dengan codename Sapphire Rapids, akan mengimplementasikan PCI Express 5.0 yang beroperasi sampai 32.0 GT/s untuk menghantarkan solusi I/O dengan latensi rendah dan bandwidth tinggi yang perlu di-deploy oleh pelanggan kami,” ungkap Debendra Das Sharma (Senior Fellow and Chief Architect, I/O Technologies and Standards, Intel). “Kami senang melihat investasi drive controller Microchip PCIe 5.0 Flashtec memperkuat ekosistem dan mendorong penyebaran solusi PCIe 5.0 yang lebih luas,” tambahnya.

“Mendukung pertumbuhan ekosistem dengan standar industri terbaru adalah kunci untuk membolehkan pusat data modern,” ujar Raghu Nambiar (Corporate Vice President, Data Center Ecosystems and Solutions, AMD). “Teknologi generasi lanjutan kami berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan standar baru seperti PCIe Gen 5, yang memungkinkan aplikasi generasi lanjutan di pusat data. Kami senang dapat berkolaborasi dengan para pemimpin industri seperti Microchip untuk memungkinkan kinerja dan scalability yang dibutuhkan pelanggan kami untuk beban kerja mereka yang berat,” sebutnya lagi.

Mendukung berbagai form factor, termasuk EDSFF (Enterprise & Data Center SSD Form Factor), Microchip Flashtec NVMe 4016 saat ini sudah mulai di-sampling. Seperti biasa, terdapat pula aneka perkakas pengembangan untuk Microchip Flashtec NVMe 4016.