Find Us On Social Media :

Penyebab Rusia Blokir Facebook

By Rizal, Minggu, 6 Maret 2022 | 11:00 WIB

Facebook

Regulator telekomunikasi Rusia Roskomnadzor memblokir jejaring sosial Facebook karena membatasi akses ke sejumlah media Rusia.

Rozkomnadzor mengungkapkan ada 26 kasus diskriminasi yang dilakukan Facebook terhadap media mereka sejak Oktober 2020.

Apalagi, Facebook juga membatasi akses terhadap media yang disponsori pemerintah Rusia, antara lain RT, Sputnik dan kantor berita RIA baru-baru ini. Roskomnadzor berpendapat pembatasan itu melanggar kebebasan informasi dan menghambat pengguna internet Rusia untuk mengakses berita.

Kepala urusan internasional Meta Platforms, Nick Clegg mengatakan pihaknya sedang mengembalikan layanan mereka di Rusia.

"Jutaan masyarakat Rusia akan terputus dari informasi yang terpercaya, kehilangan cara untuk berkomunikasi sehari-sehari dengan teman dan keluarga dan terbungkam untuk berbicara," kata Clegg seperti dikutip Facebook.

Sebelumnya Meta berhenti menayangkan iklan di Rusia. Meta juga melarang pengiklan di Rusia memasang iklan di mana pun di dunia karena "kesulitan beroperasi di Rusia".Meta juga menurunkan konten dari media Rusia, berlaku untuk Facebook dan Instagram.

Moskow membatasi sebagian akses ke Facebook karena platform tersebut menolak permintaan mereka untuk menghentikan pengecekan fakta independen dari media Rusia pekan lalu.