Find Us On Social Media :

Bill Gates Prediksi Tato Elektronik Segera Gantikan HP di Masa Depan

By Rizal, Senin, 7 Maret 2022 | 13:10 WIB

Bill Gates

Founder Microsoft Bill Gates memprediksi tato elektronik akan menggantikan peran ponsel pintar di dunia karena saat ini berbagai media telah menaruh investasi pada perusahaam bioteknologi Chaotic Moon yang memproduksi tato elektronik.

Sebelumnya, Gates dikenal sebagai sosok yang gemar mengatakan prediksinya berdasarkan prakiraannya dengan pendekatan disiplin ilmu -- contohnya pandemi yang sudah ia ramal beberapa tahun sebelum adanya COVID-19.

Dia menjelaskan tato elektronik itu berfungsi untuk menganalisis dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia, di mana semua data akan disimpan di tato tersebut seperti dikutip dari Youtube Chaotic R&D.

Data-data yang akan tersimpan adalah mulai dari informasi dari kondisi kesehatan hingga olahraga sehingga bisa mencegah masalah kesehatan tubuh.

Creative Technologist Hardware Chaotic Moon pun menjelaskan tato elektronik masih dalam tahap pengembangan dan akan segera ditempelkan pada kulit berupa sensor kecil dan pelacak yang mengirim dan menerima informasi melalui tinta khusus yang menghantarkan listrik.

"Daripada pergi ke dokter setahun sekali untuk mengecek kondisi fisik Anda, tato ini bisa menjadi sesuatu yang Anda pasang di tubuh Anda setahun sekali. Dan pantau semua yang akan diuji oleh benda ini kemudian kirimkan ke dokter Anda. Jika ada masalah, dokter bisa menghubungi Anda," katanya.

Walaupun teknologi masih dalam pengembangan, muncul harapan akan ada pengembangan lebih lanjut untuk tato elektronik yang bekerja dengan tinta spesial yang mana mengkonduksi hantaran listrik.

Dengan demikian, tato yang tertanam bisa menjadi sumber yang memberikan informasi banyak. Dengan pengembangan lebih lanjut, fungsi tato elektronik akan semakin menarik dan mungkin saja mendekati yang sudah ada di tayangan film-film sci-fi.