Find Us On Social Media :

Dorong Kontribusi Perempuan di Bidang AR, Snapchat Gelar Lensthon

By Liana Threestayanti, Rabu, 9 Maret 2022 | 16:00 WIB

Snapchat mendukung kontribusi perempuan muda di bidang augmented reality (AR) lewat program Lensathon.

Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, bersama Dicoding, Snapchat meluncurkan Lensthon di Asia Tenggara. Ajang ini berfokus pada keterampilan di bidang augmented reality (AR) dan mendorong kontribusi para perempuan muda di bidang ini.

Para peserta akan menggunakan aplikasi desktop gratis dari Snapchat, yaitu Snap Lens Studio untuk membuat dan mendesain pengalaman AR mereka sendiri. 

Snapchat akan mengadakan tiga lokakarya studio lensa di Indonesia (Bahasa), Singapura (English), dan Malaysia (Melayu) dan mengajarkan peserta membuat lensa dengan tema "International Women’s Day". Lokakarya ini akan dilakukan oleh para kreator wanita dari Snapchat Lens Network, yaitu Danielle Grace untuk wilayah Indonesia dan Singapura) dan Yong Nurain Sofia Binti Khairulhiddard untuk wilayah Malaysia.

Semua peserta yang mengirimkan lensa valid akan memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Snap’s Lens Studio Community dan mengembangkan passion mereka lebih lanjut di industri AR. 

Director of Market Development SEA,  Snap, Anubhav Nayyar mengatakan bahwa Snap memilih pendekatan berbasis storytelling dan kreativitas dalam memperkenalkan teknologi AR ke masyarakat luas.

Snap sendiri telah mengembangkan AR tidak hanya untuk hiburan, tapi juga untuk penggunaan di bidang pendidikan, perdagangan, dan sebagainya. 

“Kami berharap, Lensthon bertema International Women’s Day dapat menginspirasi dan meningkatkan keterampilan wanita di seluruh wilayah untuk menghidupkan kreativitas dan semangat mereka," ucap Anubhav Nayyar.

Snapchat telah mengadakan beberapa lokakarya Lens Studio di kawasan Asia Tenggara untuk membantu siswa dan remaja menciptakan pengalaman bersama dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan cara yang menarik. Menurut keterangan pers dari Snap, pada tahun 2021, lebih dari 11.000 siswa dilatih melalui lokakarya Lens Studio untuk mengajarkan AR kepada siswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Asia Tenggara.

Snap juga akan meluncurkan serangkaian lensa AR khusus #BreakTheBias dan hyperlocal geofilters untuk merayakan International Women’s Day 2022.