Find Us On Social Media :

Alodokter Ungkap Pengguna Telemedisin Alami Peningkatan 30 Persen

By Indah PM, Sabtu, 12 Maret 2022 | 11:00 WIB

Alodokter

Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung di Indonesia, pemakaian telemedisin tak dimungkiri juga mengalami peningkatan secara signifikan. Menurut catatan dari Alodokter, angka pengguna telehealth di tahun 2021 meningkat sebanyak 30 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Fakta tersebut terjadi berkat adaptasi digital di Indonesia yang makin tinggi. Walhasil masyarakat kini makin mudah dalam memiliki akses kesehatan yang lebih cepat dan praktis dengan menggunakan teknologi telehealth yang aman dan terpercaya.

Jika merujuk pada catatan Alodokter, peningkatan pengguna telehealth tersebut paling besar berada di kota-kota kabupaten, seperti Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Di samping itu, jumlah masyarakat yang mengakses artikel-artikel kesehatan lewat aplikasi telehealth, terutama yang berhubungan dengan situasi Covid-19, juga bertambah secara signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi telehealth dewasa ini memang kian berarti.

Hal ini sejalan dengan seruan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang mengajak layanan telehealth untuk memperluas akses layanan telemedisin serta telekonsultasi bagi pasien. Pada kondisi pandemi saat ini, Alodokter juga berkontribusi terus memberikan pelayanan terbaik, terutama bagi pasien yang terpapar virus corona (Covid-19) dan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, atau bagi masyarakat dengan hasil antigen positif.

Hal ini dilakukan Alodokter yang memiliki visi searah dengan pemerintah, yaitu untuk menahan laju lonjakan Covid-19 varian Omicron lewat penerapan protokol kesehatan yang ketat, dengan cara menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas menuju dan kembali dari rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat.

Suci Arumsari selaku Co-Founder dan Director Alodokter, menuturkan bahwa Alodokter terus melakukan pengembangan teknologi, agar dapat terus menjangkau masyarakat lebih luas lagi dan mampu mengatasi hambatan geografis.

“Alodokter berharap masyarakat Indonesia di mana pun berada menyadari bahwa mereka dapat memiliki proteksi kesehatan yang dapat melindungi diri dan keluarga, serta menjadi solusi kebutuhan perlindungan kesehatan yang mudah diakses di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini,” pungkas Suci.