Find Us On Social Media :

Apple dan Google Kompak Tangguhkan App Store dan Play Store di Rusia

By Rizal, Jumat, 11 Maret 2022 | 16:30 WIB

Google Play dan App Store

Apple telah mematikan transaksi di layanan iTunes dan App Store di Rusia. Akibatnya, pengguna tak bisa lagi membayar langganan seperti aplikasi, media, atau layanan Apple.

Tak hanya itu, pengguna Apple di Rusia juga tak bisa top up dana ke akun App Store atau iTunes dengan pembayaran kartu bank di Rusia, termasuk Alfa-Bank, Sber, dan Tinkoff.

Hal itu berarti pengguna Apple di Rusia tak lagi bisa melakukan pembelian di App Store dan iTunes.

Sebelumnya, Apple telah menghentikan semua penjualan produk dan software dari toko offline.

Kemudian Apple Pay juga dilaporkan telah dibatasi, di mana bank-bank Rusia tidak dapat menggunakan layanan ini seperti dikutip Macrumors.

Google Ikutan Blokir

Google kembali melakukan pembatasan untuk para pengguna ponsel Android di Rusia. Google kini menangguhkan segala jenis transaksi di Google Play Store di wilayah tersebut.

Pengguna Android di Rusia tidak bisa melakukan pembayaran apapun di toko aplikasi tersebut.

Penangguhan tersebut mencakup aktivitas seperti mendaftar layanan berlangganan, membeli game/aplikasi, serta melakukan proses transaksi di dalam aplikasi (in-app purchase/IAP).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan di laman Support Google, Google beralasan bahwa pemblokiran tersebut dilakukan lantaran adanya gangguan pada sistem pembayaran di toko aplikasi Play Store Rusia.

"Karena terjadinya gangguan pada sistem pembayaran, dalam beberapa hari mendatang kami akan menghentikan sementara sistem billing Google Play Store untuk pengguna di Rusia," tulis Google.

Penyebab dari gangguan sistem pembayaran yang dimaksud Google kemungkinan disebabkan oleh larangan akses perbankan yang telah diberlakukan oleh pemerintah AS dalam beberapa pekan terakhir.

Google juga mengimbau para pengguna tetap memantau laman Support Google guna mengetahui pemberitahuan lebih lanjut terkait penangguhan ini. Tidak hanya terjadi pada Google Play Store, penangguhan serupa juga terjadi di YouTube.