Find Us On Social Media :

Baru Rilis! Yuk, Simak Cara Kerja Fitur 'In-Room Chat' Clubhouse

By Indah PM, Selasa, 15 Maret 2022 | 15:30 WIB

ClubHouse

Jejaring sosial berbasis audio, Clubhouse belum lama ini meluncurkan fitur terbarunya ‘In-Room Chat’. Lewat fitur terbaru ini, para pengguna Clubhouse, mulai dari moderator hingga pendengar, dapat berkomunikasi dua arah melalui teks/chat selama ruangan berlangsung.

Walhasil, melalui fitur anyar ini, pengguna Clubhouse dapat berpartisipasi dalam suatu obrolan dan bebas berkomentar atau memberikan respons berupa emoji.

Dengan adanya fitur ini, Clubhouse berharap para Clubhousers dapat dengan mudah melakukan polling dan menerima pertanyaan dari  audiensi, sehingga sesi diskusinya menjadi lebih interaktif. Berikut ini adalah cara kerja dari fitur ‘In-Room Chat’:

1. Kreator yang memegang kendali

Kreator/Pembuat ruangan akan selalu memiliki kontrol penuh terhadap fitur chatting saat ruangan berlangsung. Kreator juga dapat memutuskan apakah fitur ini diaktifkan atau tidak saat mereka memulai ruangan melalui room composer. Kreator juga dapat menghapus pesan apapun selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan tersebut berakhir dan dapat mematikan fitur chatting dalam ruangan kapan saja selama ruangan berlangsung.

2. Teks bisa dihapus jika ada kesalahan penulisan

Pengguna dapat menghapus pesan yang salah selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan berakhir.

3. Moderator juga bisa mengubah pengaturan

Pengguna dapat menunjuk moderator untuk membantu agar ruangan yang berlangsung tetap kondusif. Para moderator tersebut juga dapat menghapus pesan yang mengganggu.

4. Pengguna dapat melaporkan obrolan yang melanggar panduan Clubhouse

Jika seseorang melanggar panduan Clubhouse pada saat menggunakan fitur In-room Chat ini, maka pengguna lain dapat melaporkannya langsung, dengan cara tekan lama pada nama mereka dan klik report atau laporkan. Cara lain, dapat juga dengan menekan lama untuk memblokirnya.

5. Ikuti obrolan setelah ruangan selesai

Fitur ini juga akan muncul ketika seseorang mendengarkan Replays ruangan tersebut (meskipun mereka tidak akan dapat menambahkan komentar  apapun). 

Jika fitur chatting ini diaktifkan, pengguna Clubhouse dapat melihat ikon fitur ini di kiri bawah layar mereka (di sebelah ikon Share dan Clips). Selanjutnya bisa memulai obrolan atau dapat menekan ikon ini atau menggeser ke kanan untuk mengakses obrolan dan mengomentari apa yang terjadi di ruangan tersebut. Tak hanya itu, pengguna juga akan melihat jumlah pesan di sebelah ikon obrolan dan titik merah akan muncul ketika ada komentar baru yang belum dibaca.

Saat ini, Clubhouse telah tersedia dalam pengaturan Bahasa Indonesia, dan dapat dinikmati oleh semua orang. Artinya, aplikasi ini telah menghapus sistem daftar tunggu sehingga siapa pun dapat bergabung, termasuk pengguna Android.