Find Us On Social Media :

LG Kenalkan Headset TWS Baru, TONE Free FP8 dan FP5, di Indonesia

By Cakrawala, Jumat, 18 Maret 2022 | 10:00 WIB

LG kenalkan dua headset TWS TONE Free baru di Indonesia.

LG Electronics Indonesia kemarin memperkenalkan dua headset TWS (true wireless stereo) baru di tanah air, yakni TONE Free FP8 dan TONE Free FP5. Kedua perangkat baru tersebut menawarkan peningkatan dibandingkan beberapa seri LG TONE Free yang tersedia lebih dulu. Selain memperluas lini TONE Free-nya, LG pun mengeklaim TONE Free FP8 dan TONE Free FP5 menawarkan pengalaman audio yang lebih baik dan daya tahan baterai yang lebih lama.

“Sebagai perangkat sandang audio yang benar-benar nirkabel, keseimbangan suara sekaligus kejernihan dalam menerima panggilan menjadi tantangan utama TONE Free ini. Seri terbaru ini hadir sebagai buah inovasi kami yang menjawab tantangan ini sekaligus menghadirkan pengalaman lebih besar terkait dengan panjang masa pakai dan kebersihannya,” ujar Verina Widya (Head Product Marketing of Home Entertainment LG Electronics Indonesia).

Seperti LG TONE Free sebelumnya semacam LG TONE Free FN7 dan LG TONE Free FN4, LG TONE Free FP8 dan LG TONE Free FP5 menggunakan HSP (headphone spatial processing​) dari Meridian. Namun, LG TONE Free FP8 dan LG TONE Free FP5 menawarkan peningkatan sehubungan kualitas suara antara lain melalui 3D Sound Stage serta driver lebih besar dengan lapisan logam di bagian tengah dan silikon di bagian pinggirnya.

Seperti namanya, 3D Sound Stage diklaim bisa memperluas sound stage dengan melakukan spatial upmixing. Sementara, driver lebih besar dengan diafragma yang didesain khusus dari paduan lapisan logam di bagian tengah dan silikon di bagian pinggirnya, bisa menghantarkan suara bas yang lebih bertenaga tanpa mengurangi detail maupun kejernihan. LG menyebutkan lapisan logam untuk menangani frekuensi tinggi dan menengah, sedangkan silikon ditujukan untuk frekuensi rendah.

Begitu pula dengan mikrofonnya. LG mengeklaim baik LG TONE Free FP8 dan LG TONE Free FP5, keduanya menggunakan tiga mikrofon per unit kiri dan kanannya. Bila LG TONE Free FN7 menggunakan tiga mikrofon per unit kiri dan kanannya, LG TONE Free FN4 hanya menggunakan dua mikrofon per unit kiri dan kanannya. Sejalan dengan itu, kedua LG TONE Free yang baru juga dilengkapi ANC (active noise cancellation) yang tidak tersedia pada LG TONE Free FN4. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, LG pun menyebutkan setidaknya ANC pada LG TONE Free FP8 menawarkan peningkatan dibandingkan LG TONE Free FN7.

Sementara, untuk daya tahan baterainya, LG mengeklaim TONE Free FP8 bisa bertahan sampai 10 jam (sampai 24 jam dengan bantuan case yang disertakan) dan TONE Free FP5 bisa sampai 8 jam (sampai 22 jam dengan bantuan case yang disertakan). Sekadar informasi, daya tahan baterai untuk TONE Free FN7 dan TONE Free FN4, LG mengeklaim bisa bertahan sampai 7 jam (sampai 21 jam dengan bantuan case yang disertakan) dan sampai 6 jam (sampai 18 jam dengan bantuan case yang disertakan).

Selain itu, kedua LG TONE Free baru yang mengusung IP rating berupa IPX4 ini hadir pula dengan desain fisik baru yang terlihat lebih melebar pada bagian yang berada di luar lubang telinga. LG menambahkan desain tersebut membuat pemakaian lebih nyaman berkat kemampuan menempel di telinga lebih baik.

Seperti sebelumnya, case yang disertakan pun berfungsi untuk mengisi ulang energi baterai dari LG TONE Free FP8 maupun LG TONE Free FP5. Begitu pula dengan ketersediaan baterai di case sehinga bisa mengisi ulang energi baterai unit headset tatkala tidak terhubung ke jala-jala. Salah satu perbedaan lainnya antara LG TONE Free FP8 dan LG TONE Free FP5 adalah case LG TONE Free FP8 yang merupakan UV Nano Case, sedangkan case LG TONE Free FP5 tidak. Seperti yang InfoKomputer jelaskan di sini, UV Nano Case diklaim bisa membunuh 99,9% bakteri memanfaatkan sinar ultraviolet — lebih higienis.

Hadir dengan dua pilihan warna, putih dan hitam, LG TONE Free FP8 maupun LG TONE Free FP5 akan tersedia secara luas dalam waktu dekat di pasar Indonesia. Secara spesifik LG menyebutkan keduanya tersedia di pasar tanah air mulai pekan depan.