Find Us On Social Media :

Tantang Instagram, Apa saja Kemampuan Aplikasi Rossgram Buatan Rusia?

By Rizal, Senin, 21 Maret 2022 | 13:30 WIB

Rossgram

Rusia akan meluncurkan aplikasi berbagi foto Rossgram untuk pasar domestik, menyusul layanan Instagram dihentikan di Rusia.

Rencananya, Rusia akan memperkenalkan Rossgram pada 28 Maret. Lantas, apa saja fiturnya?

Selain berbagi foto dan video, Rossgram mampu berfungsi sebagai crowdfunding dan akses berbayar untuk beberapa konten.

Direktur Hubungan Masyarakat Inisiatif Rusia, Alexander Zobov mengatakan kelompok pengembang tidak akan melewatkan kesempatan untuk membuat media sosial populer yang digemari warga Rusia.

"Mitra saya Kirill Filimonov dan kelompok pengembang kami sudah siap untuk pergantian peristiwa ini dan memutuskan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk membuat analog Rusia dari jejaring sosial populer yang dicintai oleh rekan-rekan kami," ujar Alexander Zobov, yang dikutip dari Reuters.com.

Skema warna Rossgram memiliki kemiripan dengan Instagram.

Regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor menghentikan akses Instagram sejak Senin kemarin, saat platform ini mengatakan akan mengizinkan pengguna Ukraina dapat memposting kemarahan terhadap Rusia, seperti kalimat "Matilah Penjajah Rusia".

Induk perusahaan Instagram dan Facebook, Meta Platform Inc mengatakan perubahan ujaran kebencian hanya akan tersedia bagi pengguna Ukraina.

Namun pada hari Minggu (13/3/2022) lalu, Meta mempersempit kebijakan konten untuk Ukraina, yang melarang postingan kematian seorang kepala negara.

Rusia dalam beberapa bulan terakhir telah mengembangkan teknologi untuk negaranya, termasuk ponsel pintar AYYA T1 yang diproduksi oleh perusahan teknologi Rusia, Rostec.

Pada November lalu, perusahaan energi Rusia, Gazprom meluncurkan saingan platform berbagi video populer asal China, TikTok yang disebut Yappy.