ACI Worldwide, penyedia software pembayaran real-time berskala global, mengumumkan bahwa ALTO, interbank switch terkemuka di Indonesia, telah menambahkan fitur ACI Fraud Management, ke dalam solusi Retail Payment.
Bagi ALTO, langkah ini tidak saja menghadirkan solusi pembayaran enterprise end-to-end tercanggih tapi juga sebagai jawaban atas tren digitalisasi dan pembayaran real-time yang diprediksi akan semakin berkembang di tanah air.
Seperti diketahui, belum lama ini, Bank Indonesia meluncurkan BI-FAST, yaitu infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time. Di lingkup yang lebih luas, yaitu di Asia, saat ini juga sedang berlangsung modernisasi infrastruktur perbankan, di mana Real Time Rail (RTR) menjadi pilar sentralnya.
Pembayaran real-time adalah sesuatu yang baru dan cepat, sehingga sangat menarik bagi para penjahat. Para penipu atau fraudster secara aktif mencari cara untuk mengeksploitasi titik lemah teknologi dan layanan digital yang baru lahir, sementara kecepatan pembayaran berarti uang tunai pun lebih cepat dikeluarkan (cash out). Tantangannya adalah solusi keamanan tradisional seringkali tidak bisa menerapkan policy dalam kecepatan dan skala pembayaran real-time.
Sebagai operator salah satu jaringan pembayaran dan acquiring terbesar di Indonesia, ALTO sudah mengoperasikan solusi pencegahan penipuan (fraud) dari ACI di semua solusi pembayaran real-time dan alternatif, serta solusi untuk merchant acquiring, seperti pembayaran real-time menggunakan kode QR. ALTO juga menggunakan solusi ACI untuk switching transaksi berbasis kartu.
Dengan menambahkan ACI Fraud Management ke dalam rangkaian solusi lengkap pembayaran dari ACI, ALTO berupaya meningkatkan keamanan, kepastian, dan resiliensi transaksi bagi para nasabahnya.
“Pembayaran real-time secara radikal mengubah cara kita memandang dan merespon kejahatan dunia maya dan penipuan keuangan. Dan ancaman yang semakin canggih membutuhkan pendekatan yang lebih modern dan proaktif,” ucap Leslie Choo, Managing Director, Asia Pasifik, ACI.
Leslie menjelaskan, bahwa ancaman real-time memerlukan data, analitik, keamanan, dan respons secara real-time juga. “Dan solusi inilah yang diberikan ACI kepada ALTO,” imbuh Leslie Choo.
“Tetap riil dan relevan menjadi perhatian utama kami, mengingat kompleksitas dan kecepatan perubahan di sektor pembayaran,” kata Patricco Baron, Chief of Product and Innovation Officer, (CPIO) ALTO.
Menurut Baron, keamanan siber tetap menjadi investasi dan evolusi berkelanjutan. “Karena kami ingin bisnis ini siap untuk masa depan dengan solusi terbaru dan terbaik di kelasnya, untuk memastikan kami dan para nasabah tetap terlindungi. Bersama ACI, kami ingin memastikan nasabah tetap berada di tangan yang paling aman,” ujarnya.
“Kemitraan dengan ACI akan membantu ALTO menavigasi lanskap pembayaran yang kian kompleks dan berubah, sekaligus mengatasi kebutuhan akan resiliensi interoperabilitas domestik dan global, yang terus bertumbuh,” tutup Leslie Choo.