Find Us On Social Media :

Laris Manis!, Rahasia Samsung Rajai Pasar Smartphone Lipat di Dunia

By Adam Rizal, Rabu, 23 Maret 2022 | 09:00 WIB

Samsung Galaxy Z Flip 3

Smartphone lipat mendapatkan sambutan positif dari pasar, menyusul penjualan HP lipat terus tummbuh.

Saat ini Samsung merajai pasar HP lipat di dunia pada tahun lalu, mengalahkan Huawei, Oppo, hingga Xiaomi.

Perusahaan riset Omdia melaporkan pasar smartphone lipat sendiri tumbuh 309 persen di dunia pada tahun lalu. Padahal, pengiriman smartphone lipat tidak terlalu banyak pada awal 2021.

Barulah, volume pengiriman smartphone lipat meningkat pesat mencapai 9 juta unit atau naik 309% year-over-year (YoY) pada paruh kedua tahun 2021.

Jika diakumulasikan hingga kuartal keempat tahun 2021 (Q4 2021), maka pengiriman smartphone lipat tembus sampai 11,5 juta unit atau yang terbesar sejak pertama kali dirilis pada 2019 lalu.

Samsung mendominasi pasar smartphone lipat dengan beberapa produk unggulannya seperti Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G menempati posisi pertama dengan 4,6 juta pengiriman atau menyumbang 52 persen dari pasar HP lipat secara keseluruhan.

HP lipat canggih ini mampu mengalahkan seri Samsung Galaxy Z Flip 5G dan Galaxy Z Flip yang ada di tempat keempat dan kesebelas.

Di posisi kedua, ada Samsung Galaxy Z Fold3 5G dengan pengiriman 2,5 juta unit. Samsung Galaxy Z Fold3 5G juga melampaui pencapaian pendahulunya Samsung Galaxy Z Fold2 5G yang memiliki jumlah pengiriman 0,7 juta unit.

Analis utama Omdia Zaker Li mengungkapkan strategi Samsung meluncurkan banyak model smartphone lipat sangat tepat sehingga Samsung bisa bersaing dengan produsen China dan juga Apple di pasar global.

“Untuk bersaing dengan kemajuan pesat OEM China dan Apple di pasar premium, Samsung memilih untuk bertaruh pada smartphone yang dapat dilipat,” kata Zaker Li seperti dikutip Display Daily.

“Keputusan yang telah mengambilnya jauh di depan para pesaingnya dalam jumlah dan penjualan smartphone lipat,” tutur Zaker.

Sementara itu Huawei Mate X2 dan Mate X2 4G berada di posisi ketiga dan keenam dengan jumlah pengiriman 0,6 juta dan 0,3 juta unit. Sedangkan, Xiaomi Mi Mix Fold dan Oppo Find N bertengger di posisi ketujuh dan kedelapan dengan pengiriman 0,2 juta unit.