Find Us On Social Media :

Kini Google Buang Semua Patung Android di Kantor Pusatnya

By Rizal, Rabu, 23 Maret 2022 | 15:00 WIB

Patung Android

Selama bertahun-tahun, Google selalu memajang patung-patung Android yang ikonik di halaman kantor pusat (headquarters) Google di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Kini Google telah menyingkirkan 18 patung Android itu dari salah satu taman yang ada di Googleplex, menyusul laporan tamu yang mendatangi headquarters Google belum lama ini.

Dalam ulasan di Google Maps, pengunjung mengatakan seluruh patung Android sudah tidak ada lagi di tempat biasanya. Taman yang dulu dihiasi patung-patung Android itu, kini, tinggal sepetak tanah yang tandus.

Sebagai informasi, seluruh patung Android itu berbentuk makanan manis atau makanan penutup (dessert) yang mewakili kode resmi sistem operasi (OS) Android.

Google memang menggunakan nama makanan manis untuk OS Android sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 (2009), dengan nama Cupcake.

Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama dessert pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad. Google pernah menggunakan nama makanan manis atau dessert sebagai nama OS-nya yaitu Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Google menambah patung Android yang sesuai dengan nama kodenya. Misalnya, ketika merilis Android 8 dengan code name Oreo pada 2017, Google lantas membuat patung Android Oreo.

Begitu pula ketika meluncurkan Android 9 dengan nama kode Pie pada 2018, Google juga mendirikan patung Android Pie.

Namun, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 (2019) dan setelahnya. Sejak saat itu pula, tak ada lagi patung Android dengan bentuk baru.

Dari 2020 hingga beberapa minggu yang lalu, pengunjung taman telah melaporkan bahwa patung-patung Android itu terlihat sangat buruk dan kumal alias kotor.

Jadi, ada kemungkinan Google memindahkan patung-patung Android itu untuk diperbaiki, sebagaimana dihimpun Android Authority.

Tidak jelas kapan Google memindahkan patung-patung itu, tetapi menurut ulasan di Google Maps, tampaknya prosesnya sudah dimulai sekitar sebulan yang lalu.