Blibli beberapa hari lalu di Jakarta mengumumkan kolaborasinya dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Tengah dan ASPOO Jateng (Asosiasi Pengusaha Oleh Oleh Jawa Tengah). Melalui kerja sama tersebut, Blibli menghadirkan toko resmi ASPOO Jateng sekaligus meluncurkan paket parsel Lebaran produk UMKM Jawa Tengah di platformnya. Blibli mengeklaim kolaborasi dengan aneka pihak itu memperkuat komitmennya dalam menggandeng lebih banyak UMKM untuk go digital. Blibli pun menambahkan bahwa belum banyak UMKM di tanah air yang go digital.
“Berdasarkan riset Blibli bersama BCG Kompas, kami melihat hanya 20% pelaku UMKM di Indonesia yang melek digital dan dapat go online. Karena itu, Blibli menyambut positif kolaborasi melalui menghadirkan parsel Lebaran edisi khusus produk UMKM terbaik se-Jawa Tengah. Lewat kanal online ini, kami dapat merangkul mereka masuk ke ranah daring melalui platform Blibli yang komprehensif dan memperluas akses pasar hingga produk lokal Jawa Tengah dapat dikenal dan diantar ke seluruh Indonesia. Dengan begitu, kami harap akan semakin banyak produk-produk lokal yang bisa berjaya di negeri sendiri dan bisnis UMKM yang dapat terus tumbuh secara berkelanjutan melalui optimalisasi dunia digital,” ujar Andreas A. Pramaditya (VP Galeri Indonesia, Blibli).
"Saya sangat mengapresiasi sinergi lintas institusi yang mencakup Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Tengah, Asosiasi Pengusaha Oleh Oleh Jawa Tengah (ASPOO Jateng) dan juga digital marketplace Blibli. Saya optimis dengan sinergi semua pihak, bersama kita dapat mendorong optimisme pelaku usaha UMKM, khususnya di Jawa Tengah untuk maju dan naik kelas, sekaligus mendorong masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk-produk UMKM lokal," sebut Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) sembari meminta berbagai pihak seperti pucuk pimpinan SKPD, BUMN, BUMD, Pemprov, Pemkot, Pemkab, untuk berkomitmen membeli paket parsel tersebut sebagai dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan mendukung keberlanjutan UMKM Jawa Tengah.
Toko resmi ASPOO Jateng di Blibli hadir dengan beragam pilihan makanan dan minuman yang berasal dari 26 kabupaten dan 6 kota dari Jawa Tengah. Blibli menambahkan aneka makanan dan minuman tersebut hadir dalam bentuk parsel sehingga lebih praktis; pengguna Blibli bisa beroleh berbagai macam produk dalam satu kali pembelian tanpa repot memilih satu per satu. Terdapat sejumlah pilihan parsel yang tersedia, yaitu Khalas, Sukari, Ajwa, dan Medjool. Pengguna Blibli bisa menemukan berbagai makanan ringan (emping, jenang, carica, dan lainnya), lauk (abon sapi, peyek, dan lainnya), sampai bahan masakan (minyak kelapa).
Blibli pun menyebutkan parsel-parsel tersebut bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh atau buah tangan bagi famili, teman, maupun rekanan sehubungan Ramadan dan Lebaran yang menjelang. Apalagi Blibli telah menyiapkan berbagai keuntungan tambahan dalam pembelian parsel yang dimaksud. Pengguna Blibli dari 22 Maret sampai 30 April 2022 bisa membeli parsel edisi khusus Jawa Tengah dengan ekstra diskon sampai 25% tanpa minimum transaksi, gratis ongkir berkali-kali, serta voucher ekstra diskon, plus metode pembayaran yang lengkap. Bagi yang tertarik bisa masuk ke laman www.blibli.com/merchant/umkm-aspoo/ASO-70042.
“Kami senang bahwa masyarakat umum dari berbagai daerah kini bisa lebih mudah untuk membeli produk-produk Jawa Tengah, termasuk mereka yang sedang merantau dan butuh pengobat rindu akan kampung halaman namun tidak bisa pulang karena pandemi. Hal ini tentunya berkat kolaborasi bersama Blibli yang memiliki jangkauan pengiriman ke seluruh Indonesia. Kami pun berkomitmen untuk menyediakan pilihan produk terdepan yang dikurasi dari para UMKM terpercaya untuk menunjukkan kualitas produk terbaik dari Jawa Tengah,” pungkas Muhammad Kirom (Sekretaris, Asosiasi Pengusaha Oleh Oleh Jawa Tengah).