Find Us On Social Media :

Tiga Perubahan Tampilan Play Store untuk Tablet dan Ponsel Lipat

By Rizal, Kamis, 24 Maret 2022 | 09:00 WIB

Google Play Store. Hati-hati, 8 aplikasi Android ini ternyata disusupi virus Joker. Salah satunya, aplikasi untuk foto dokumen kertas

Google mengungkapkan saat ini ada 50 juta tablet Android, perangkat lipat dan ChromeOs yang tercatat aktif.

Karena itu, Google memperbarui tampilan toko aplikasi Play Store untuk perangkat dengan layar yang lebih luas seperti smartphone layar lipat dan tablet Android.

"Untuk membantu pengguna mendapatkan hasil yang optimal dari perangkat mereka, kami membuat perubahan besar di Google Play agar pengguna dapat menemukan dan berinteraksi dengan aplikasi maupun game berkualitas tinggi," kata Google dikutip dari blog perusahaan.

Google mengungkapkan beberapa rencana perubahan untuk toko aplikasi Play Store di tablet dan perangkat layar lipat. Hal itu diumumkan Google dalam blog resmi perusahaan.

Google melakukan tiga perubahan utama Play Store yaitu bagaimana pemberian peringkat sebuah aplikasi dan promosi aplikasi, pesan peringatan untuk aplikasi yang kurang mendukung tablet dan perangkat lipat dan tampilan ulasan aplikasi.

"Ini akan memengaruhi bagaimana aplikasi muncul di hasil penelusuran dan rekomendasi di beranda. Ini akan sangat membantu pengguna menemukan aplikasi yang paling optimal untuk perangkat mereka," tulis pihak Google.

Karena itu, Google mempertimbangkan sejumlah aspek yang didukung oleh tablet dan perangkat lipat, misalnya dukungan keyboard dan lainnya. Perombakan tampilan Google Play Store itu juga memprioritaskan aplikasi dan game berkualitas tinggi.

Perubahan kedua tentang pesan peringatan yaitu informasi tentang kompatibilitas aplikasi pada perangkat berlayar besar. Pesan ini akan membantu pengguna mendapatkan gambaran seberapa besar dukungan aplikasi berjalan pada tablet atau perangkat lipat.

Terakhir, tampilan ulasan yang akan mengkategorikan ulasan pengguna berdasarkan perangkat yang digunakan. Misalnya, pengguna smartphone akan melihat ulasan aplikasi dari pengguna lain yang sama-sama menggunakan smartphone.

Begitu pula dengan pengguna tablet yang akan melihat ulasan dari pengguna tablet lainnya. Hal itu membuat pengguna mendapatkan ulasan yang lebih relevan dengan perangkat yang digunakan.