Find Us On Social Media :

Kalahkan Twitter, WhatsApp Uji Coba Fitur Pengiriman File 2 GB

By Rizal, Kamis, 31 Maret 2022 | 13:00 WIB

WhatsApp

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi pesan sosial terpopuler di dunia yang memungkinkan penggunannya mengirimkan file seperti media, dokumen, dll. WhatsApp terus meningkatkan kemampuannya dengan memperbesar batas ukuran file yang bisa dikirim lewat platform. Selama ini, WhatsApp membatasi ukuran file yang dikirim yakni maksimal 100 MB.

Nantinya, pengguna WhatsApp akan dapat mengirim file dengan ukuran hingga 2 GB.Hal itu terungkap dari situs WABetaInfo yang mengatakan saat ini WhatsApp sedang melakukan uji coba fitur pengiriman file berukuran besar di Argentina, Amerika Selatan.

Fitur ini diuji coba di aplikasi WhatsApp versi beta di iOS dan Android. Untuk pengguna Android, fitur ini tersedia pada versi 2.22.8.5 dan 2.22.8.6. Adapun untuk pengguna WhatsApp iOS, fitur ini diuji pada WhatsApp versi 2.22.8.7.

Jika pengujian ini dirilis, maka ukuran file media yang bisa dikirimkan pengguna, naik berkali-kali lipat. Pengguna WhatsApp akan bisa mengirim file dengan ukuran yang lebih besar ketimbang di Gmail dan Twitter. Sebagai perbandingan, Gmail hanya memungkinkan penguna mengirimkan file paling besar 25 MB. Sementara Twitter menetapkan batas maksimal 1 GB.

Dengan dukungan untuk berkirim file besar, pengguna bisa mengirim berbagai macam media, seperti video dengan durasi yang panjang atau kualitas tinggi. Selain itu, beberapa kamera smartphone juga kini memiliki ukuran yang besar, seiring kualitas kamera ponsel yang semakin meningkat. Dengan dukungan ini, pengguna bisa mengirimkan banyak foto sekaligus.

Kendati demikian, uji coba ini hanya dilakukan untuk pengguna WhatsApp di Argentina. Belum diketahui kapan fitur ini diluncurkan secara global.