Find Us On Social Media :

Gandeng Huawei, XL Axiata Siapkan Talenta Digital untuk Sambut Era 5G

By Liana Threestayanti, Rabu, 6 April 2022 | 20:00 WIB

Menyambut era 5G di Indonesia, operator telekomunikasi XL Axiata dan Huawei meluncurkan Program Talenta Digital 2022.

Menyambut era 5G di Indonesia, operator telekomunikasi Indonesia XL Axiata dan penyedia solusi ICT global Huawei meluncurkan Program Talenta Digital 2022.

Program ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia, serta mempersiapkan talenta digital yang siap menghadapi masa depan. Lebih dari 800 karyawan XL berpartisipasi dalam peluncuran program ini yang mengambil tema “Progressing for Breakthrough Digital Talent Transformation.”

Ada berbagai topik yang dibahas dalam ajang webinar yang digelar XL Axiata dan Huawei, yaitu ICT Trend & Market Business;  Evolusi Jaringan 5G E2E dan Network Slicing Technologies; dan Intelligent O&M di era 5G. Tema lain yang akan dibahas adalah “Embracing ‘5G+’ to New Future” pada 7 April 2022 dan “Transformasi Digital Industri Vertikal di Era 5G” pada 14 April 2022.

“Bekerja sama dengan tim HR dari XL, kami berencana untuk memiliki lebih dari 200 kelas program di 5G Champion, untuk menciptakan sekumpulan talenta dalam rangka meningkatkan kemampuan transformasi digital dan kesiapan 5G.  Ke depan, saya berharap dapat menciptakan kesuksesan bersama,” jelas Catherine Guan, XL Axiata Account Director Huawei Indonesia. 

Menurut Catherine, XL memiliki peran penting dalam transformasi digital Indonesia. “Dan Huawei merasa terhormat dapat mendukung XL dalam transformasi digitalnya di masa depan,” imbuhnya.  

Menurut Mochamad Hira Kurnia, Chief Human Capital Officer, XL Axiata, XL percaya bahwa cara terbaik untuk meningkatkan optimalisasi karyawan adalah  program pengembangan talenta ini.  “Kita harus siap ketika teknologi 5G sungguh menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari.  Saya yakin kita sudah siap menghadapi era baru 5G,” imbuhnya. 

Sementara itu, I Gede Darmayusa, Technology Director & Chief Technology Officer, XL Axiata mengungkapkan apresiasinya, “Huawei adalah mitra yang sangat baik.  Perusahaan ini sangat maju dalam hal teknologi.  Huawei juga memberi masukan yang sangat baik agar semua operator mendapat informasi yang selengkap mungkin mengenai hal-hal yang harus diantisipasi untuk masa depan.  Karena sumber daya manusia adalah modal terpenting kami; memastikan agar mereka tetap relevan bagi bisnis tidak dapat dilakukan dalam semalam, kami perlu menyiapkan semua infrastruktur teknologi yang diperlukan.  Kami ingin setiap insan XL siap dan menjadi duta teknologi 5G.”

Di luar pengembangan talenta, XL Axiata dan Huawei Indonesia juga telah menjalin kolaborasi.  Tahun lalu, kedua perusahaan telah bekerja sama untuk menjembatani kesenjangan digital dan menyediakan akses internet cepat ke daerah pedesaan dan terpencil di seluruh Indonesia.  Keduanya melakukan uji coba solusi broadband nirkabel Huawei RuralStar Pro di Kalimantan. Solusi yang mengusung LTE for backhaul sebagai fitur utamanya ini terbukti mampu memperluas konektivitas broadband ke daerah-daerah yang memiliki kendala akses backhaul.