Find Us On Social Media :

Xendit Bagikan 5 Tips Dongkrak Penjualan Online Selama Ramadan

By Indah PM, Jumat, 8 April 2022 | 13:00 WIB

Xendit

Xendit, perusahaan yang bergerak di infrastruktur pembayaran, meluncurkan “XENSClub” komunitas resmi penjual online Xendit. XENSClub memiliki berbagai program edukatif untuk membantu para anggota komunitas mengembangkan diri serta bisnis online-nya.

Penjual online yang bergabung ke dalam XENSClub bisa menikmati beragam akses gratis dan eksklusif, seperti kelas-kelas edukatif (webinar, lokakarya, dsb), akses komunikasi intensif dengan tim Xendit, dan bisa mendapatkan “bocoran” informasi terkait fitur-fitur terbaru Xendit terlebih dahulu.

Melalui komunitas XENSClub, Xendit juga membagikan beberapa tren, serta tips untuk bisa meningkatkan penjualan online selama Ramadan dan Lebaran.

Menurut laporan Google berjudul “Winning Ramadan with Digital 2022”, sebanyak 90% konsumen Indonesia berbelanja di online marketplace selama Ramadan tahun lalu. Puncak periode belanja online terjadi di minggu ketiga Ramadan.

“Momen Ramadan dan Lebaran adalah masa ‘panen’ bagi para penjual online, terutama karena masyarakat sudah merasakan manfaat belanja online dan lebih memilih cara praktis untuk membeli segala keperluan Hari Raya. Bukan cuma itu, biasanya ada lebih banyak diskon dan penawaran spesial dari para penjual online, sehingga menarik minat lebih besar untuk belanja online,” ungkap Nafinia Putra, VP of Marketing Xendit.

Melihat tren-tren dari Ramadan tahun lalu, berikut ini adalah tips dari Xendit bagi para penjual online agar dapat mengoptimalkan penjualan mereka di Ramadan tahun ini:

1. Siapkan toko online. Ini bisa dimulai dari media sosial atau website sendiri. Ciptakan pengalaman berbelanja yang lancar sehingga pelanggan mudah melakukan aktivitas berbelanja dan pembayaran.

2. Perkuat brand awareness melalui konten yang relevan. Penjual sebaiknya konsisten membuat konten dengan nilai tambah dan menarik seputar Ramadan, di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Tiktok.

3. Strategi bundling. Gunakan dua produk/lebih dalam satu paket dengan harga yang menarik.

4. Tawarkan diskon spesial pada minggu ke-3 Ramadan. Beri diskon untuk produk tertentu, diskon di hari/jam tertentu, dan sejenisnya bisa menarik lebih banyak calon pembeli untuk berbelanja, terutama karena Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya cair pada periode waktu ini.

5. Tetap jaga kualitas produk dan layanan. Kualitas produk dan layanan setelah pembelian adalah satu kesatuan agar jenama atau produk yang kita jual menjadi pilihan utama pembeli.

Untuk membantu para penjual online memaksimalkan penjualan, Xendit juga mengadakan promo #BuatBermakna bagi merchant baru yang mendaftar dan terverifikasi dari tanggal 18 Maret - 18 Mei 2022. Nantinya, 5 bisnis pada kategori UKM dan Penjual Sosial dengan transaksi tertinggi akan menerima cashback sampai sebesar Rp1 juta di akhir periode.

Bagi para pelaku usaha yang ingin mengklaim cashback, wajib mengklik banner yang tersedia di Aplikasi Xendit Bisnis. Selanjutnya akan terpilih pemenang terpilih dengan total hadiah lebih dari Rp50 juta, mulai dari paket umroh, logam mulia emas, paket menginap di Bali, hingga voucher belanja.