Find Us On Social Media :

Review Singkat Redmi Note 11 Pro 5G: Kasta Tertinggi, Desain Keren

By Dayu Akbar, Jumat, 8 April 2022 | 11:45 WIB

Dari tiga varian Redmi Note 11 series yang rilis di Indonesia, Redmi Note 11 Pro 5G merupakan varian paling tinggi. Dengan spesifikasi yang paling unggul, smartphone ini andalkan fitur-fitur yang sedikit berbeda dengan dua varian lainnya. Namun sebelumnya, kita akan bahas terlebih dahulu seperti apa tampilannya.Untuk warnanya, Redmi Note 11 Pro 5G hadir dalam tiga pilihan yaitu Polar White, Atlantic Blue, dan Graphite Gray. Dan unit yang kami pegang punya warna Atlantic Blue yang menurut kami merupakan warna terbaik diantara tiga warna tersebut. Graphite Gray dan Polar White memang cukup keren, namun Atlantic Blue memiliki keunikan. Berbeda dengan warna smartphone yang sudah pernah kami lihat, warna Atlantic Blue ini memiliki tampilan layaknya gelombang air laut berwarna biru. Hal ini terlihat saat bodi-nya dimiringkan. Dengan permukaan kaca yang datar, membuatnya keliatan makin keren.

Apalagi lapisannya tidak mudah meninggalkan bercak sidik jari saat disentuh ataupun dipegang. Ini tentu menyenangkan bagi pengguna yang tidak menyukai penggunaan case sehingga bodi belakangnya bisa terlihat dengan jelas tanpa terhalang.Pada bagian sisi atasnya, Xiaomi menempatkan kamera utama dalam satu frame timbul. Varian paling tinggi ini memiliki fitur unggulan berupa resolusi kamera utama yang mencapai 108 MP. Secara default, kamera utama ini akan menggunakan resolusi 12 MP dengan dukungan teknologi 9-in-1 pixel binning.

Selain resolusi tinggi, bukaan aperture-nya juga lebar yaitu f/1.9 yang memungkinkan untuk menangkap cahaya lebih banyak. Ini membantu saat memotret dalam kondisi kurang cahaya tanpa bantuan lampu kilat.Sementara dua kamera lainnya punya resolusi 8 MP ultralebar, dan 2 MP makro. Kemampuan perekaman videonya hingga resolusi 1080p atau full HD dengan frame rate 30fps. Untuk kebutuhan selfie, kamera depannya punya resolusi 16 MP dengan kemampuan merekam video hingga 1080p. Sementara bagian kamera depannya menggunakan desain DotDisplay dengan posisi di tengah.

Beralih ke bagian layar, smartphone ini memiliki ukuran 6,67 inci yang cukup besar dan sesuai dengan varian seri Note. Panel yang digunakannya yaitu AMOLED dengan resolusi FHD+ atau 2400 x 1080 pixels. Untuk refresh rate-nya hingga 120 Hz yang membuat pergerakan saat scrolling menua atau bermain game jadi lebih mulus. Pengguna juga bisa mengaturnya ke pilihan yang lebih rendah untuk berbagai alasan, salah satunya agar konsumsi daya lebih irit. Tidak ketinggalan,  touch sampling rate-nya 360Hz yang menambah kenyamanan saaat bermain game.Pada bagian sisi-sisinya, tombol fisik Volume dan Power ditempatkan di kanan, sementara sisi kiri polos. Untuk sisi bawah, Xiaomi menempatkan slot kartu dengan kompartemen hybrid, port USB typs-C, lubang mikrofon, dan speaker dengan sertifikasi Hi-Res Audio. Speaker-nya sendiri berjenis stereo karena Xiaomi juga menempatkannya di sisi atas yang bersebelahan dengan jack audio 3.5mm. Disebelahnya masih ada konektivitas yang selalu hadir yaitu infra red yang berfungsi sebagai remote control untuk perangkat elektronik pilihan.

Secara dimensi, Redmi Note 11 Pro 5G cukup ringan dan ramping dengan bobot 202 gram dan ketebalan 8,12 mm. Padahal baterai yang dibenamkannya cukup besar dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan bodi berbentuk kotak datar dengan sudut-sudut yang membukat, membuatnya agak licin dipegang. Namun ini masalah pembiasaan saja karena desainnya cukup eye-catching.Menemani baterai, Xiaomi menyematkan fitur fast charging dan menariknya sudah menyertakan adaptor pada paket penjualannya. Adaptor ini memiliki daya 67 watt yang cukup besar. Kemampuannya diklaim bisa mengisi penuh baterai hanya dalam waktu sekitar 42 menit saja.

Untuk spesifikasinya, Redmi Note 11 Pro 5G menggunakan SoC Snapdragon 695 yang memiliki CPU octa core hingga clock 2,2 GHz dan ditemani dengan GPU Adreno 619. Hadir dalam satu varian, RAM dan penyimpannya sebesar 8GB+128GB. Penyimpanan tambahannya mendukung hingga 1 TB. Kombinasi ini menawarkan performa kencang di segmen menengah. Untuk menimalisir suhu saat dalam performa tinggi, disematkan sistem pendingin menggunakan teknologi yang disebut dengan LiquidCool. Teknologi ini menghadirkan sistem pipa pelepas panas berbentuk melingkar dan lembaran grafit berlapis. Teknologi ini juga membantu pengisian daya cepat dengan meredam panas dan dilengkapi evaporator, kondensor, ruang pengisian ulang, gas, dan pipa berisi cairan.Sesuai penamaan dengan embel-embel 5G, Snapdragon 695 sudah mendukung kecepatan tersebut. Jaringan yang didukungnya sudah bisa digunakan pada operator di Indonesia dengan frekuensi n1, n3, n40 dan n78.

Fitur-fitur lain yang disematkan Redmi Note 11 Pro 5G diantaranya hadirnya NFC, sensor fingerprint di tombol Power, motor linier sumbu Z, buka kunci dengan pengenalan wajah berbasis AI. Untuk sistem operasinya sudah menggunakan Android 11 yang dibalut dengan MIUI 13 yang paling baru.Redmi Note 11 Pro 5G yang memiliki kapasitas RAM 8 GB dan storage 128 GB dibanderol dengan harga Rp4.199.000.