Find Us On Social Media :

Rekor! Harga Saham GoTo Melejit di Hari Pertama IPO

By Rizal, Senin, 11 April 2022 | 14:00 WIB

GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham GoTo telah ditetapkan seharga Rp338 per saham dari harga yang ditawarkan antara Rp 316-Rp 346 per saham.

GoTo melepas sebanyak 46,7 miliar saham baru Seri A sehingga GoTo akan memiliki dana segar Rp 15,8 triliun (US$ 1,1 miliar).

Prestasi ini menjadikan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia sepanjang tahun 2022 ini.

Pada pencatatan saham perdana, harga saham GoTo menguat 18 persen menembus level Rp400. Sebelumnya, beberapa saat setelah bel pembukaan pasar berbunyi, harga saham GOTO sempat menyentuh Rp 416/unit atau naik 23,08%. Nilai transaksi saham GOTO tercatat sebesar Rp 1,05 triliun dengan volume perdagangan 2,68 miliar saham.

GoTo memiliki kapitalisasi pasar (market cap) hingga Rp400 triliun di awal keberadaannya pada bursa saham.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengaku bahagia dan bangga atas melantainya GoTo di BEI. "Pagi ini saya mewakili rekan-rekan di GoTo bahagia dan bangga sekali karena sebentar lagi perusahaan kami menjadi perusahaan publik," tuturnya.

Saat ini, kapitalisasi pasar GOTO tercatat sebesar Rp 464,27 triliun, berada di peringkat tiga besar dan di atas emiten telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang tercatat mencapai Rp 454,70 triliun.

Sebagai informasi, saham GOTO tercatat di papan utama BEI dan GoTo menjadi emiten ke-15 yang tercatat di BEI pada tahun ini. Harga penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) GOTO sebesar Rp 338 per saham.

Transaksi terbesar dibukukan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan nilai perdagangan sebesar Rp 3,1 triliun. PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menyusul dengan selisih nilai perdagangan yang jauh dari GOTO, masing-masing sebesar Rp 356,9 miliar dan Rp 321,4 miliar.

Euforia IPO saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mampu mendorong penguatan Indeks Harga Saham Gabungan yang mampu menutup perdagangan sesi I, Senin (11/04) ke level 7.239 dan menguat 0,40%.