Find Us On Social Media :

Cara Ketahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

By Rizal, Senin, 11 April 2022 | 15:30 WIB

WhatsApp

Saat ini hampir setiap pengguna smartphone memiliki aplikasi pesan sosial WhatsApp yang memungkin pengguna untuk berbagi pesan, foto, video dan suara dll. Pesan WhatsApp yang terkirim dan sudah bisa dibaca bisa diketahui dengan centang biru.

Padahal, pengguna bisa mematikan centang biru tersebut sehingga menimbulkan kegundahan di hati pengirim, apakah pesannya sudah dibaca atau belum?.

Lantas, bagaimana mengetahui pesan WA sudah dibaca meskipun centang biru dimatikan?.

Berikut cara mengetahui pesan WhatsApp Anda sudah dibaca walaupun centang biru sudah dimatikan seperti dikutip Indian Express:

Voice Note

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan langsung menuju WhatsApp Chat orang yang kamu pikir sudah mematikan fitur read receipts. Setelahnya, kirimkan voice note sebagai bagian dari uji coba.

Jika seseorang mendengar voice note, maka ikon mikrofon pada VN akan berubah menjadi biru kepada orang yang menerima pesan tetapi tidak membalasnya. Sebenarnya, cara ini adalah trik lama yang dilakukan sejak 2018 untuk mengetahui apakah pesan WhatsApp sudah dibaca atau tidak ketika centang biru dimatikan.

Group WhatsApp

Cara selanjutnya adalah dengan membuat group WhatsApp yang berisikan diri kamu dan orang tersebut. Dengan begitu, kamu bisa langsung memantau apakah ia sudah membaca pesan tersebut atau belum. Namun, ada beberapa user yang meminta request terlebih untuk masuk ke sebuah grup. Jadi tidak semua bisa langsung masuk ke dalam grup yang kamu buat.