Platform e-commerce Lazada resmi meluncurkan Lazada Foundation untuk memberdayakan perempuan dan kaum muda.
Sebuah riset yang dilakukan Lazada bersama dengan International Finance Corporation tahun lalu, menemukan bahwa pasar e-commerce Asia Tenggara dapat tumbuh lebih dari USD280 miliar di antara tahun 2025 dan 2030, jika lebih banyak perempuan mendapatkan pelatihan dan dukungan finansial yang lebih baik.
“Lazada berkomitmen untuk menutup kesenjangan gender. Melalui Lazada Foundation, lebih banyak lagi perempuan di Asia Tenggara yang dapat diberdayakan secara ekonomi untuk memiliki peran yang lebih besar dalam ekosistem e-commerce digital,” ungkap Gladys Chun, General Counsel, Lazada Group dan salah satu anggota di dewan pembina Lazada Foundation.
Beasiswa Lazada Foundation dirancang untuk mendukung talenta muda dalam mengejar pendidikan dan unggul secara akademik, tanpa hambatan finansial yang menghadang jalan mereka. Selain itu, talenta muda ini juga akan memperoleh kesempatan magang dan karier, yang akan berkontribusi pada perkembangan mereka secara menyeluruh dan memperlengkapi mereka dengan berbagai kemampuan e-commerce untuk dunia digital masa depan.
Studi Lazada di akhir tahun lalu mengenai perkembangan talenta digital menunjukkan bahwa ada empat pendekatan untuk menghasilkan talenta yang siap untuk masuk ke dalam industri: sebuah ekosistem pendidikan yang selaras dengan industri, program pengembangan untuk siap masuk industri, keberlanjutan pertumbuhan bisnis dan karier, dan pelatihan yang inklusif dan dapat diakses dengan mudah.
Di Indonesia, program Lazada Foundation telah dimulai sejak diluncurkannya Lazada Forward Scholarship pada Desember 2021.
“Program Lazada Forward Scholarship kami ditujukan untuk memberdayakan kaum muda melalui pendekatan-pendekatan ini. Tahun ini, Lazada menyambut 30 Lazada Forward Scholars terpilih yang akan memulai perjalanan mereka untuk menjadi talenta masa depan ekonomi digital dengan dukungan dari Lazada,” Evelyn Yonathan Haer, Chief People Officer, Lazada Indonesia.
Pelajar-pelajar terpilih dari penerima Lazada Forward Scholarship akan berpartisipasi lebih jauh dalam program LazPrentice, sebuah program magang 5 bulan dengan Lazada Indonesia untuk memberikan pengalaman langsung yang mendalam mengenai seperti apa rasanya bekerja dalam platform perdagangan digital yang memiliki pasar di Asia Tenggara.
Secara khusus, satu fokus dari Lazada Foundation adalah untuk mengangkat perempuan di bidang teknologi. Di Indonesia, unit bisnis dari Lazada, yaitu Lazada Logistics, akan menyediakan dana bantuan pendidikan, bekerja sama dengan mitra institusi pendidikan, bagi anggota keluarga potensial dari para mitra kurir melalui Gerakan Solidaritas Lazada Logistics.
Lazada Foundation saat ini berkomitmen untuk memberikan beasiswa dan menyediakan kesempatan berkarier bagi talenta muda di 6 pasar di Asia Tenggara, meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.