Find Us On Social Media :

Sumber Alfaria Trijaya Gandeng WIR Asia Hadirkan Alfamart di Metaverse

By Cakrawala, Jumat, 15 April 2022 | 23:55 WIB

Sumber Alfaria Trijaya dan WIR Asia berkolaboarasi untuk hadirkan Alfamart di metaverse. Penandatangan nota kesepahaman dilakukan Anggara Hans Prawira (Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk; kiri) dan Daniel Surya (Executive Chairman and Co-founder WIR Group) di Jakarta baru-baru ini.

Baru-baru ini di Jakarta, Sumber Alfaria Trijaya dan WIR Asia (WIR Group) menandatangani nota kesepahaman menandai kolaborasi keduanya sehubungan metaverse. Melalui kolaborasi Alfaria Trijaya dan WIR Asia, Alfaria Trijaya yang merupakan pemegang nama bisnis Alfamart akan memanfaatkan teknologi metaverse dibantu oleh WIR Asia. Adapun tujuan Alfamart masuk ke metaverse adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan pemasaran, dan memberikan pengalaman pengguna yang makin baik.

“Saat ini teknologi digital telah membawa pola baru bagi bisnis termasuk perubahan dalam pola konsumen berbelanja yang tidak terbayangkan sebelumnya. Tanpa mengadopsi kemajuan teknologi digital tentunya pelaku usaha akan sulit untuk mengikuti perkembangan maupun untuk terus berada dalam kompetisi yang kian ketat. Alfamart harus mampu mengubah cara pandang kita dengan cepat mengingat akselerasi kemajuan teknologi digital sangat tinggi,” ujar Anggara Hans Prawira (Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk). “Metaverse merupakan suatu keniscayaan yang akan segera berkembang sebagai tempat baru dimana pelanggan bisa merasakan pengalaman belanja virtual di Alfamart,” tambahnya.

“Keikutsertaan kekuatan ritel di Indonesia seperti Alfamart di metaverse tentunya kami harap dapat mendorong sektor-sektor lain untuk dapat mengikuti jejak sehingga mampu meningkatkan ekosistem metaverse yang kuat dan beragam. Di sisi lain hadirnya kekuatan bisnis ini dapat mendukung percepatan transformasi digital dan penerapan ekonomi digital yang direncanakan pemerintah untuk dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia,” ujar Daniel Surya (Executive Chairman and Co-founder WIR Group).

Alfaria Trijaya menambahkan penunjukan WIR Asia beserta anak perusahaannya sebagai mitra untuk menggarap metaverse berkat rekam jejak WIR Group yang telah terbukti. Menilik situsnya, WIR Group memang mengeklaim berhasil mendapatkan berbagai pencapain sehubungan AR (augmented reality) sejak berdirinya WIR Asia pada tahun 2009. Lagi pula, Alfaria Trijaya dan WIR Group sebelumnya juga sudah bekerja sama. Misalnya, sejak tahun 2015 kedua bersama-sama berinovasi mengembangkan jaringan toko virtual bernama Alfamind.

WIR Asia pun menilai kolaboarsi dengan Alfaria Trijaya merupakan kolaborasi yang strategis. Pasalnya, Alfamart sudah memiliki jaringan ritel yang kuat sehingga menjadi tantangan bagi WIR Asia untuk menghadirkan nilai-nilai tambah melalui hadirnya Alfamart di metaverse.