Find Us On Social Media :

Mengenal Distri, sistem Pembayaran dan Rekonsiliasi dari Advotics

By Wisnu Nugroho, Selasa, 19 April 2022 | 09:16 WIB

Distri dari Advotics adalah sistem manajemen pembayaran dan rekonsiliasi untuk perusahaan distribusi kelas SME

Advotics, perusahaan software-as-a-service di bidang supply chain, baru-baru ini merilis Distri. Distri sendiri adalah sistem manajemen terintegrasi untuk perusahaan distribusi kelas SME (Small Medium Enterprise) yang membantu menyelesaikan masalah penagihan dan rekonsiliasi pembayaran B2B. Distri juga memiliki fitur seputar pengelolaan penjualan, stok, dan pembukuan.

Salah satu contoh fitur Distri adalah menghasilkan faktur secara otomatis pada setiap transaksi. Faktur itu kemudian dikirim ke pemilik toko sebagai tagihan pembayaran. Setelah itu, pemilik toko dapat melakukan pembayaran sesuai opsi pilihan mereka, seperti menggunakan akun virtual BCA, BNI, atau Bank Mandiri.

Jika pemilik toko sudah melakukan pembayaran, Distri secara otomatis akan memperbarui status transaksi.

Fitur Distri ini diharapkan dapat menjawab tantangan pelaku bisnis retail dari sisi rekonsiliasi pembayaran. Survei yang dilakukan Advotics menunjukkan, 55% perusahaan distribusi pernah mengalami kehilangan omset akibat pembayaran dan rekonsiliasi yang dilakukan secara manual. Sumber masalah bisa dari ketidakcocokan nilai pembayaran dan tagihan sampai pembayaran secara tunai yang tidak diterima oleh admin.

Menurut Boris Sanjaya (CEO dan Co-founder Advotics), Distri memang dimaksudkan untuk menjawab tantangan perusahaan retail Indonesia dengan bantuan teknologi digital. “Distri berambisi mendigitalisasi bisnis SME dengan teknologi maju yang sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional yang lebih besar,” ungkap Boris.

Distri sendiri adalah produk hasil kolaborasi Advotics dengan Stripe, perusahaan finansial teknologi global yang berkantor pusat di San Francisco dan Dublin. Kerjasama yang terjalin ini memunculkan optimisme Advotics untuk membawa Distri ke jenjang yang lebih tinggi. “Kami senang bisa bekerja sama dengan perusahaan global seperti Stripe, yang ingin kami libatkan dalam rencana ke depan kami untuk meluncurkan Distri di lebih banyak negara,” tambah Boris.

Sementara Ongki Kurniawan (Country Head di Stripe Indonesia), menyebut Distri adalah contoh dukungan Stripe bagi transformasi digital di semua segmen. “Distri merupakan contoh bagus bagaimana Stripe Connect memberi kemudahan, keamanan, dan rasa percaya bagi penyedia platform seperti Advotics untuk membangun solusi yang menjawab kebutuhan pengguna,” ungkap Ongki.