Find Us On Social Media :

Twitter Punya Lubang Keamanan, Password Semua Pengguna Terancam

By Wisnu Nugroho, Jumat, 4 Mei 2018 | 22:59 WIB

Twitter

Twitter menganjurkan seluruh penggunanya untuk mengganti password. Anjuran ini diungkapkan setelah terjadi kesalahan fatal di sistem Twitter yang membuat seluruh password pengguna Twitter tersimpan dalam format teks biasa alias plain text.

Sebenarnya, Twitter selama ini sudah mengikuti standar industri dengan mengacak password yang dimasukkan pengguna. Jadi setiap password yang dimasukkan pengguna akan langsung diacak dengan karakter dan angka tertentu sebelum disimpan di dalam sistem. Dengan begitu, kalaupun sistem penyimpanan password itu dijebol hacker, password pengguna tetap akan aman karena dalam kondisi teracak dan sulit (bahkan nyaris tidak mungkin) untuk dibaca hacker.

Namun sistem password di Twitter ternyata memiliki bug. Bug ini membuat password yang dimasukkan pengguna disimpan terlebih dahulu dalam format teks biasa sebelum diacak. Alhasil, seluruh password tersebut bisa dibaca dengan mudah oleh siapapun yang bisa masuk ke sistem itu.

Twitter sendiri menyebut lubang keamanan ini mereka temukan sendiri dan langsung melakukan perbaikan. Akan tetapi, belum jelas apakah ada pihak yang telah memanfaatkan lubang keamanan ini. Karena itulah, Twitter menyarankan semua penggunanya untuk mengganti password-nya sebagai langkah pencegahan.

Selain mengganti password, Twitter pun menyarankan beberapa langkah seperti ini:

  1. Gunakan password yang tidak digunakan di situs lain
  2. Menggunakan password manager yang memungkinkan Anda menggunakan password yang rumit tanpa harus repot mengingatnya
  3. Menggunakan two factor authentication. Dengan cara ini, Anda harus melakukan dua langkah untuk login ke Twitter, yaitu memasukkan password dan nomor khusus yang dikirimkan Twitter ke smartphone Anda

Ayo, tunggu apa lagi. Ganti password Twitter Anda sekarang!