Find Us On Social Media :

Alasan Smartphone Nokia Lebih Berkualitas dari Xiaomi

By Adam Rizal, Minggu, 6 Mei 2018 | 05:32 WIB

Nokia 8

Xiaomi sukses merebut hati masyarakat yang ingin membeli smartphone murah berkualitas. Namun, HMD Indonesia mengklaim smartphone Nokia jauh lebih unggul dan berkualitas daripada Xiaomi.

Miranda Warokka (Head of Marketing HMD Indonesia) mengatakan smartphone Nokia memiliki tiga keunggulan yaitu integritas, kualitas dan keamanan. Beberapa smartphone Nokia memiliki rangka bodi yang terbuat dari blok aluminium sehingga berbeda dengan smartphone lainnya yang memakai plat aluminium.

"Tipikal produk dari brand Eropa, keunggulannya tidak terlihat langsung, harus dipegang dulu dan dirasakan lebih dalam baru akan menyadari kelebihannya. Dengan blok aluminium, desain unibodi sangat kokoh dan solid serta digenggam terasa lebih berat," katanya.

"Secara build quality, smartphone Nokia tidak bisa dibandingkan dengan Xiaomi. Smartphone Nokia memang lebih mahal tetapi apa yang didapatkan jauh lebih baik," pungkasnya.

Pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan pengguna sulit untuk membedakan smartphone yang mengusung bodi yang memakai blok atau plat aluminium. "Saat dibongkar, kalau komponen menempel di bodi belakang biasanya terbuat dari blok aluminium. Jika di depan, menggunakan plat metal," ujar Lucky.

Spesifikasi Nokia 8

Nokia 8 menggunakan chipset flagship Snapdragon 835 serta kapasitas RAM dan ROM masing-masing 4 GB dan 64 GB. Snapdragon 835 sejauh ini digunakan oleh beberapa produsen smartphone untuk flagship mereka, seperti varian Google Pixel 2, Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy Note 8, sampai LG V30.

Dari smartphone yang kami sebut diatas, baru LG V30 yang sudah hadir di tanah air, sedangkan Google Pixel belum hadir di tanah air dan varian Samsung Galaxy yang hadir di Indonesia menggunakan chipset Samsung Exynos.

Menariknya, Nokia 8 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. LG V30 sendiri di tanah air dibanderol dengan kisaran harga 10 jutaan. Dengan perbedaan harga yang cukup jauh, tentu saja ini menjadi hal yang cukup memikat.

Tidak hanya unggulkan chipset flagship, Nokia 8 menjadi smartphone pertama mereka yang bekerja sama dengan ZEISS, produsen lensa optik terkemuka, dalam meghadirkan lensa untuk kamera depan dan belakangnya.

Nokia 8 memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan yang kesemuanya masing-masing memiliki resolusi 13 MP. Selain spesifikasi flagship, Nokia 8 juga menawarkan beberapa fitur unggulan yang cukup memikat.

Diantaranya teknologi audio Ozo Audio yang memungkinkan merekam audio dengan suara 360 derajat saat merekam video. Untuk kamera, perangkat ini dibekali fitur bothie dimana kamera depan dan kamera utama menangkap gambar sekaligus dan ditampilkan secara bersamaan dalam satu layar. Nokia 8 dijual secara online maupun offline.

Untuk penjualan online, Nokia menggandeng Lazada yang berlangsung pada tanggal 15-28 Februari 2018. Selanjutnya, penjualan offline akan tersedia secara nasional mulai 1 Maret 2018 dengan harga Rp6.499.000 melalui jaringan distribusi, PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Sentra Prima Distribusi.