Find Us On Social Media :

Finney, Smartphone Blockchain Pertama di Dunia

By Adam Rizal, Minggu, 6 Mei 2018 | 05:40 WIB

Smartphone Blockchain Finney

FIH Mobile, anak usaha Foxconn akan memproduksi smartphone blockchain pertama di dunia Finney. Finney sendiri adalah smartphone blockchain buatan startup asal Swiss Sirin Labs.

Selain smartphone, Finney bisa berfungsi sebagai dompet digital untuk menyimpan mata uang virtual alias cryptocurrency. Sirin Labs merancang Finney sebagai smartphone yang kompetibel dengan berbagai mata uang virtual berbasis blockchain, termasuk bitcoin.

Bahkan, Finney memiliki cold-storage (dompet digital yang tidak terhubung ke internet agar aman) yang terenkripsi. Penggunanya bisa berbelanja di situs-situs yang menerima pembayaran dengan cryptocurrency seperti Overstock dan Expedia.

Finney mengusung layar 5,5 inci, RAM 6 GB, dan media penyimpanan 64 GB serta sistem operasi Sirin OS yang berbasis Android. Finney memiliki kamera belakang 12 megapixel dan kamera depan 13 megapixel.

Sirin Labs akan membanderol harga Finney senilai USD1.000 atau sekitarRp 14 juta.

Rencananya, FIH akan menjual smartphone Finney pada Oktober 2018 melalui penjualan online di negara-negara yang mengalami booming cryptocurrency seperti Turki dan Vietnam.

Saat ini Sirin Labs sudah mendapatkan pemesanan smartphone Finney sebanyak 25.000 unit dan berharap bisa menjual sebanyak 100.000 hingga beberapa juta unit pada 2018.