Find Us On Social Media :

Apple Resmi Ceraikan Prosesor Intel Tahun 2020, Ini Gantinya

By Adam Rizal, Minggu, 6 Mei 2018 | 05:44 WIB

Apple MacBook

Apple resmi mengumumkan tidak akan lagi menggunakan chip prosesor Intel untuk lini produk Mac-nya pada awal 2020 sekaligus menjadi transisi besar pertama sejak Mac tidak lagi menggunakan chip PowerPC buatan IBM pada 2005.

Apple memilih menggunakan chip prosesor buatannya sendiri untuk MacBook 12 inci terlebih dahulu. Kebijakan itu salah satu strategi bisnis Apple dalam pengembangan perangkat keras. Selain Mac, sumber internal juga menyebutkan kebijakan itu juga akan berlaku untuk produk Apple lainnya seperti iPhone dan iPad.

Namun transisi itu akan berjalan secara bertahap karena produk-produk kelas atas Apple Mac seperti iMac Pro ataupun Mac Pro akan tetap menggunakan chip Intel sampai Apple mampu memproduksi chip prosesornya yang sekelas secara independen.

Bila kebijakan itu berjalan, maka Apple akan menjadi pemain dominan pertama yang memakai prosesor milik mereka sendiri. Sedangkan, Dell, Lenovo, dan Asus masih setia pakai chip Intel.

Chip prosesor Apple adalah hasil dari evolusi perkembangan prosesor ARM yang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Bahkan, kinerja komputasi iPhone dan iPad terbaru jauh lebih kuat ketimbang Mac jadul. Dengan chipset prosesor buatan sendiri, Apple dapat mengintegrasikan perangkat keras dan lunak dengan lebih efektif.

Shannon Cross (Analis Cross Research) mengatakan Anda akan melihat Apple telah mengeluarkan biaya tambahan untuk riset dan pengembangan. Kebijakan itu akan menjadi cara untuk mengintegrasikan komponen mereka sehingga dapat menambahkan lebih banyak fungsi untuk diferensiasi dan lebih kompetitif.

"Kami berpikir bahwa Apple sedang mencari cara untuk lebih mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak mereka. Mereka jelas membuat beberapa langkah kebijakan untuk ini," katanya seperti dikutip Bloomberg.

Intel tidak mau ambil pusing dan menolak berkomentar lebih jauh. "Kami tak ingin berkomentar soal spekulasi dari pelanggan kami," ungkap Intel lewat pernyataan resminya.

Saham Anjlok

Keputusan Apple itu membuat saham Intel langsung melorot, mengingat sebesar 5 persen pemasukan tahunan Intel berasal dari Apple. Intel patut khawatir karena langkah Apple itu akan menimbulkan tren baru yang menyebabkan lebih banyak perusahaan menghasilkan chip mereka sendiri.

Selama ini Intel memang mendominasi pangsa pasar prosesor selama lebih dari satu dekade. Selain itu, Intel juga mendesain dan memproduksi chip untuk modem pada perangkat iPhone dan iPad.

Kerja sama Apple dengan Intel itu telah terjalin sejak 2005 silam. Kala itu Apple mengumumkan kemitraan dengan Intel setelah menghentikan kontrak kerja sama dengan IBM dan Motorola dalam pengembangan chipset.

Sebagai catatan, Apple menggunakan komponen-komponen Intel tidak hanya prosesor saja tetapi juga modem yang dipakai untuk beberapa varian iPhone.