Find Us On Social Media :

Fakta Pengguna Android Lebih Setia daripada Pengguna iOS

By Adam Rizal, Minggu, 6 Mei 2018 | 06:41 WIB

Ilustrasi iOS vs Android

Ada anggapan para pengguna Apple iOS adalah pengguna yang setia dengan sistem operasi dan perangkat Apple serta enggan pindah ke lain hati. Faktanya, Consumer Intellgence Research Partner (CIRP) mengungkapkan pengguna Android lebih setia dan betah dengan perangkatnnya daripada pengguna iOS.

Bahkan, loyalitas pengguna Android saat ini sudah melampaui pengguna iOS sejak awal 2016 dan menyentuh angka 91 persen, berada di atas iOS dengan nilai sekitar 86 persen.

CIRP mensurvei kebiasaan pengguna Android dan iOS asal Amerika Serikat sejak 2017. Hasilnya, persentase loyalitas pengguna Android memang naik dari 89 hingga 91 persen sejak Januari 2016 - Desember 2017. Sedangkan, persentase loyalitas pengguna iOS berada di bawahnya dengan persentase 85 persen dan meningkat hingga 88 persen.

Mike Levin (Pendiri CIRP) mengatakan Android memiliki pengguna yang setia karena banyak perangkat-perangkat berbasis Android di pasar dan Android yang open source memungkinkan para vendor smartphone untuk menggunakannya.

"Android sangat terbuka dan fleksibel sehingga memungkinkan banyak pengguna merasakan pengalaman barunya. Berbeda dari iOS yang hanya tersedia untuk perangkat Apple sehingga pengguna iOS tidak bisa mencoba perangkat lainnya," katanya seperti dikutip Tech Crunch.

"Dengan hanya dua sistem operasi mobile saat ini, sepertinya pengguna sekarang memilih satu di antaranya, mempelajari, berinvestasi pada aplikasi dan penyimpanan, dan bertahan dengannya. Sekarang, Apple dan Google perlu mencari tahu bagaimana cara menjual produk dan layanan ke basis pengguna setianya," ujarnya.

Berdasarkan riset Yahoo Finance, sebanyak 7.700 responden atau 73 persen pengguna Android mengatakan hilangnya headphone jack di iPhone 7 membuat pengguna tidak akan beralih ke iPhone.

Bahkan, 71 persen pengguna iPhone 7 dan 7 Plus menginginkan Apple menghadirkan kembali headphone jack pada iPhone. Bahkan, 40 persen pengguna memutuskan untuk mengganti iPhone. Saat ini ada sekitar 2 miliar perangkat teknologi yang menggunakan Android.

"Kami telah memiliki dua miliar pengguna aktif bulanan di Android. Sebagai sistem operasi mobile terpopuler di dunia, pencapaian ini akan terus tumbuh lebih besar lagi," kata Sundar Pichai (CEO Google).