Find Us On Social Media :

Jangan Tekan Tombol Hitam di WhatsApp ini Karena Bisa Bikin "Hang"

By Adam Rizal, Senin, 7 Mei 2018 | 06:00 WIB

Ilustrasi Tombol hitam WhatsApp

Beberapa hari lalu netizen digemparkan dengan sebuah tombol hitam atau black dot dengan pesan "Don't Touch Here" yang beredar di broadcast WhatsApp. Jika Anda tekan tombol hitam itu dapat membuat WhatsApp Anda hang atau lumpuh untuk sementara waktu.

Tombol hitam itu mengandung beberapa karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Jadi, tombol hitam itu menyimpan ribuan karakter berupa simbol, huruf dan angka yang akan membebani kerja aplikasi WhatsApp dimaksud.

Hal senada dikatakan Tom Scott (YouTuber) yang kerap mengupas isu-isu komputer mengungkapkan tombol hitam itu adalah pesan bug. Bug itu memiliki beberapa unicode yang mampu menggabungkan beberapa karakter sekaligus di dalam satu tombol hitam seperti dikutip Android Police.

Untungnya, insiden itu tidak akan menimpa pengguna perangkat iOS dan pengguna yang mengakses WhatsApp lewat web. Bug itu juga tidak akan menyebabkan data Anda hilang tetapi jika kamu terlanjur klik simbol hitam dan WhatsApp-mu jadi error, maka kamu hanya perlu mendiamkannya sejenak. Karena itu, Anda pun sebaiknya mengabaikan tombol hitam yang beredar di WhatsApp.