Find Us On Social Media :

Gandeng Pemprov Sulteng, BukaPengadaan Dorong Digitalisasi UMKM

By Liana Threestayanti, Senin, 25 April 2022 | 19:00 WIB

Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Rudy Dewanto, MM, melakukan penandatanganan MoU bersama Direktur Buka Pengadaan Indonesia (anak perusahaan dari Bukalapak), Hita Supranjaya, di kantor Bukalapak (21/4).

Mendorong digitalisasi perekonomian lokal, khususnya UMKM, Bukalapak melalui BukaPengadaan meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. 

Melalui kerja sama ini, BukaPengadaan akan memberdayakan dan mengembangkan UMKM lokal melalui peningkatan kapabilitas bisnis dengan penggunaan Platform Digital BukaPengadaan dalam Toko Daring, SIPLah, dan OpenBuy, sebagai penjual. 

Selain itu, para UMKM di Sulawesi Tengah juga memperoleh kesempatan untuk bergabung dalam program pemasaran, pendampingan, sosialisasi, serta onboarding para UMKM ke platform digital BukaPengadaan. 

Peresmian kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Buka Pengadaan Indonesia, Hita Supranjaya, dan Gubernur Sulawesi Tengah,  H. Rusdi Mastura yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Rudy Dewanto, MM.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Teddy Oetomo, President Bukalapak, Kadis Kominfo Provinsi Sulteng, Dra. Novalina, M,Si, Karo Pembangunan Drs. Arfan , M.Si, dan Karo Administrasi Pimpinan, Edy Lesnusa.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2016, BukaPengadaan berkomitmen untuk membantu dan memberdayakan para pelaku UMKM di Indonesia, dimanapun mereka berada, dengan inovasi dan teknologi yang kami tawarkan,” ujar Hita Supranjaya, Direktur BukaPengadaan Indonesia.  . 

Hita menjelaskan, BukaPengadaan menghadirkan solusi B2B & B2G yang memanfaatkan teknologi, sehingga para pengguna dapat melakukan proses pengadaan yang lebih mudah, aman, dan juga murah. 

Sementara itu, Teddy Oetomo, President Bukalapak, menyampaikan bahwa kerjasama ini mewakili misi perusahaan dalam mewujudkan ekonomi yang adil bagi semua. 

Teddy memaparkan bahwa dalam laporan kuartal IV - 2021 yang baru saja dipublikasikan Bukalapak, 72% transaksi yang terjadi di Bukalapak berasal dari kota-kota di luar kota tier 1. 

“Ini adalah bukti dari misi kami untuk membangun perekonomian yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya di kota besar, tapi dimanapun mereka berada. Kami menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk manifestasi atas usaha kami dalam membangun perekonomian lokal yang kuat melalui pemberdayaan UMKM”, ujarnya. 

Gubernur H. Rusdy Mastura yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kerjasama yang terjalin dengan BukaPengadaan dan Bukalapak untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM di Sulawesi Tengah. 

“Potensi UMKM Sulawesi Tengah saat ini harus didorong untuk meningkatkan penjualannya melalui Bukalapak. Pemerintah provinsi juga akan didorong untuk mendukung BelaPengadaan produk Nasional melalui Buka Pengadaan Nasional. Harapannya, seluruh OPD dapat menindaklanjuti pelaksanaan MoU dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuan yang diharapkan”, tutupnya.