Find Us On Social Media :

Bantu Pelanggan Gapai Impian Punya Momongan, Ini Kiat Sukses La Tahzan

By Liana Threestayanti, Senin, 25 April 2022 | 22:00 WIB

Pemilik toko La Tahzan, Mutiara Nisa

Kesuksesan bukan soal keuntungan semata. Membantu membahagiakan dan mewujudkan mimpi banyak orang juga sebuah kesuksesan. Inilah prinsip yang dipegang Mutiara Nisa, pemilik La Tahzan, salah satu toko di platform e-commerce Lazada

Mutiara Nisa, atau Mutia, awalnya membangun toko La Tahzan pada tahun 2018 sebagai usaha sampingan saja dan berawal dari kebiasaannya mendengarkan keinginan orang di sekitarnya. Saat itu Mutia menawarkan produk kurma muda ke teman-temannya yang sedang menjalankan program kehamilan. 

Tak disangka, banyak yang kemudian berhasil hamil sehingga mendorong Mutia untuk mengembangkan usahanya, dengan fokus pada produk kesehatan yang bisa mendukung program kehamilan dan menjaga imunitas tubuh, seperti kurma, madu, safron, dan produk herbal lainnya. 

“Sesuai dengan filosofi di balik nama toko kami ‘La Tahzan’ yang artinya jangan bersedih, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan membantu menggapai mimpi, di antaranya dengan menyediakan berbagai produk yang dipercaya berkhasiat membantu program kehamilan seperti kurma, buah zuriat, dan produk kesehatan lainnya. Alhamdulillah, banyak yang berhasil berkat produk yang kami tawarkan,” jelas Mutia. 

Kini La Tahzan kian mendulang sukses dan memiliki banyak reseller. Hal ini mendorong Mutia untuk menjadikan La Tahzan sebagai pekerjaan utamanya. Ia juga terus menambah jumlah karyawan dan memilih untuk memberdayakan para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai karyawan dengan melatih mereka agar memiliki kemampuan administrasi dan marketing yang mumpuni. Ia berharap bisa mendukung mereka yang berpotensi untuk meraih mimpi dan cita-cita, baik dari segi ekonomi maupun peningkatan keterampilan, dengan bersama membangun La Tahzan. 

“Menurut saya, sukses bukan hanya tentang keuntungan semata, tetapi sukses adalah ketika dapat membantu membahagiakan dan mewujudkan impian banyak orang. Makanya kami juga sangat senang kalau mendengar pelanggan berhasil dalam program kesehatan dan kehamilannya, ataupun melihat karyawan dan mitra reseller kami juga turut berkembang,” ucap Mutia. Kini La Tahzan memiliki 20 orang karyawan di Jakarta dengan gudang dan cold storage milik sendiri untuk menjaga khasiat dan kualitas dari produknya. 

Mutiara Nisa juga membagikan kiat yang ia terapkan untuk merebut hati pelanggan. ”Pertama, jagalah kualitas produk. Kedua, berikan layanan pelanggan yang berkualitas. Di Lazada, fitur chat yang ada di aplikasi sangat membantu saya untuk bisa memberikan layanan sekaligus mengedukasi pelanggan dengan cepat dan efektif. Ketiga adalah pemasaran media sosial. Manfaatkan media sosial untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong traffic ke toko di eCommerce,” ujar Mutia.  

Ketekunannya mempelajari berbagai fitur di Lazada dan meningkatkan keterampilan marketing melalui Lazada University juga disebut Mutia membantunya mengembangkan La Tahzan. 

“Banyak sekali penjual di Lazada yang sangat menginspirasi seperti La Tahzan ini dan membuat kami tergerak untuk terus mengembangkan berbagai fitur yang bisa membantu mereka bertumbuh,” ujar SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro.

Menurut Haikal, salah satu hal yang selalu didorong Lazada agar dioptimalkan oleh para penjual adalah layanan kepada pelanggan. Misalnya fitur chat melalui Customer Engagement Management (CEM) untuk memudahkan penjual berkomunikasi dengan pelanggannya. 

“Kami percaya, fitur chat ini bukan hanya untuk melayani pertanyaan, tapi juga menjadi saluran membangun relasi yang bahkan berpotensi mendatangkan pemasukan lebih saat terjadi penjualan tambahan melalui up-selling dan cross-selling selama percakapan terjadi,” ujar Haikal. 

Ke depannya, Mutia bercita-cita  agar  La Tahzan dapat terus memberikan berkah bagi karyawan dan pelanggannya. “Hal yang paling membahagiakan adalah saat pelanggan berhasil dengan program kehamilannya sehingga mendapat momongan. Selain berkeinginan untuk terus memberikan harapan bagi orang lain agar tidak bersedih, sesuai filosofi nama La Tahzan, kami juga bermimpi bisa menjadi penyedia produk pendukung kesehatan yang natural nomor satu di Indonesia,” tutup Mutia.