Find Us On Social Media :

Jenius Ajak Masyarakat Wujudkan Finansial Sehat Lewat "Langkah Kecil"

By Indah PM, Selasa, 26 April 2022 | 16:15 WIB

Jenius-Langkah Kecil

Layanan bank digital dari Bank BTPN, Jenius kembali mengajak masyarakat melek digital (digital savvy) di Indonesia untuk membuat langkah kecil dalam mewujudkan kebiasaan finansial yang lebih baik.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menuturkan bahwa selama dua tahun ke belakang masyarakat hidup di tengah ketidakpastian. Walhasil, berpikir positif dan terus bergerak maju menjadi life skill yang diperlukan.

“Dari beragam cerita teman Jenius, kami juga mendapati bahwa saat ini mereka sedang memulai menata kembali hidup ke arah yang lebih baik. Maka itu, Jenius meluncurkan program #langkahkecilhariini sebagai ajakan bagi masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka hari ini, esok, dan setiap harinya,” tutur Waasi saat konreferensi pers virtual, Kamis (21/4/2022).

Berdasarkan survei daring yang dilakukan melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect, pada 18 April 2022, dengan topik tujuan finansial yang ingin dicapai dengan melibatkan 256 responden. Sebanyak 89% responden memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai tahun ini. Tujuan finansial yang ingin dicapai beragam, mulai dari mengumpulkan dana darurat, membeli properti, tabungan untuk menikah, mengumpulkan biaya liburan, hingga membeli tiket konser musisi kesukaan.

Masih dari hasil survei daring 18 April lalu, untuk mencapai tujuan finansial tersebut tentunya dimulai dengan langkah kecil, antara lain dengan mulai menabung (52%), berinvestasi (29%), dan membuat pos-pos pengeluaran (17%).

Langkah-langkah kecil tersebut apabila dilakukan secara terus-menerus dapat memberikan dampak yang mengarah kepada perubahan baik dalam beragam aspek kehidupan, dalam hal ini untuk mencapai tujuan finansial mereka.

Dalam mewujudkan tujuan finansial tersebut, terdapat lima tantangan yang sering dihadapi, yaitu pengeluaran tidak terduga atau kebutuhan darurat (35%), promo dan online shopping (32%), ajakan untuk jajan dan FOMO (Fear of Missing Out) (15%), belum konsisten dan disiplin (9%), dan keinginan untuk jalan-jalan (5%).

“Jenius percaya bahwa demi mewujudkan kondisi finansial yang sehat dapat dimulai dari langkah-langkah kecil yang positif. Karena itu, Jenius hadir menemani setiap langkah kecil dalam keseharian masyarakat digital savvy melalui sederet fitur inovatif yang dapat membantu penggunanya untuk terus melangkah, menciptakan kebiasaan yang lebih baik, dan mencapai tujuan hidupnya. Langkah kecil untuk mencapai kebiasaan finansial yang baik mulai dari mengatur cashflow, menabung, hingga investasi,” jelas Waasi.

Masyarakat digital savvy juga dapat memulai langkah kecil bersama Jenius untuk selalu belajar berbagai hal, membangun koneksi, dan memiliki semangat berkokreasi dengan Jenius Co.Create, sehingga bisa mendapat ilmu baru dan membangun kebiasaan yang baik dalam hidup.