Find Us On Social Media :

Alibaba Didaulat Menjadi Pemain Utama di Industri CDN Global

By Wisnu Nugroho, Kamis, 28 April 2022 | 11:56 WIB

Alibaba Cloud didaulat menjadi pemain utama di industri CDN berkat jaringan yang tersebar luas di enam benua

Alibaba Cloud didaulat menjadi pemain utama (Major Player) di industri CDN Services 2022 versi lembaga riset IDC. Gelar ini diberikan IDC kepada Alibaba setelah menganalisa 10 penyedia CDN yang memiliki infrastruktur global.

CDN atau Content Delivery Network adalah solusi untuk meningkatkan availability dan performa konten digital ke pengguna. Caranya dengan menyediakan jaringan server dan data center yang tersebar secara geografis, baik secara regional maupun global. Perusahaan yang ingin meningkatkan performa layanan digitalnya bisa menggunakan solusi CDN ini. 

Laporan IDC ini sendiri menyebut, Alibaba memiliki basis yang kokoh di seluruh dunia, terutama di China. Hal ini bisa dilihat dari 80% situs web populer di China dan 1,5 juta situs di seluruh dunia yang menggunakan layanan CDN dari Alibaba Cloud. 

Kemampuan CDN dari Alibaba Cloud ini tidak lepas dari adanya 2800 node yang tersebar di enam benua. Seluruh node itu dihubungkan dengan jaringan dengan bandwidth 150 Tbps dan didukung fitur seperti service scaling, API yang beragam, serta pengembangan arsitektur yang simpel. 

“Distribusi konten yang handal dan hemat biaya menjadi aspek penting pada perekonomian digital, dan kami melihat permintaan akan layanan ini meningkat di masa depan,” ungkap Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence. “Pengakuan IDC [kepada Alibaba Cloud] sebagai Pemain Utama di industri CDN, menjadi motivasi dan pengakuan terbesar untuk setiap usaha yang kami lakukan hingga saat ini,” tambah Jeff Zhang.

Kemampuan CDN dari Alibaba Cloud bisa dilihat dari ajang Festival Belanja Global 11.11 yang diselenggarakan Alibaba Group. Sepanjang ajang tersebut, CDN Alibaba Cloud digunakan untuk memberikan pengalaman yang stabil bagi pedagang maupun konsumen. Hal itu bisa dicapai meskipun ajang ini mengundang ratusan juta pelanggan dan melibatkan konten yang “berat” seperti live streaming.

Kemampuan CDN Alibaba Cloud ini juga telah digunakan perusahaan Indonesia. Contohnya MNC Group dalam menyediakan layanan hiburan digital serta Ruangguru dalam menyediakan platform pembelajaran online. Di kawasan regional, CDN Alibaba Cloud juga digunakan Kumu, platform hiburan live streaming terkemuka di Filipina.

IDC sendiri memprediksi, pasar CDN akan mencapai US$ 18,8 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 17,1% selama lima tahun ke depan. Hal ini tidak lepas dari arah konten internet yang semakin ekstensif, seperti video, game online, sampai metaverse. 

Hal ini yang meneguhkan komitmen Alibaba Cloud untuk terus meningkatkan kemampuan solusi CDN mereka. “Komitmen kami dalam memenuhi kebutuhan konten web di Tiongkok dan seluruh dunia semakin menguat dalam beberapa tahun terakhir. Kami berharap dapat terus berinovasi pada layanan kami demi mendukung pertumbuhan pelanggan di masa depan,” tambah Jeff Zhang.