Find Us On Social Media :

Garmin Hadirkan Descent Seri G1 di Indonesia, Ditujukan untuk Selam

By Cakrawala, Kamis, 5 Mei 2022 | 11:00 WIB

Garmin Descent seri G1.

Garmin bulan lalu di Jakarta mengumumkan kehadiran secara resmi dari Descent seri G1 di Indonesia. Ditujukan untuk digunakan saat menyelam selain beraktivitas di darat/di luar air, Descent seri G1 bisa dibilang smartwatch selam. Secara spesifik disebut dive computer. Garmin mengeklaim Descent seri G1 bisa memaksimalkan pengalaman pengguna di dalam air dan di luarnya. Pasalnya, Garmin Descent seri G1 hadir dengan ragam mode selam dan aneka fasilitas smartwatch masa kini seperti berbagai aplikasi olahraga.

“Baik mencari dive computer pertama ataupun ingin mendukung gaya hidup aktif Anda, seri Descent G1 ini menjadi pendamping ideal bagi semua tipe penyelam yang antusias terhadap jam tangan pintar multi-olahraga yang dapat digunakan untuk segala aspek, termasuk kehidupan di darat,” kata Dan Bartel (Garmin Vice President of Global Consumer Sales). “Descent G1 Solar didesain berdasarkan teknologi selam inovatif dari Garmin dengan pengisian daya tenaga surya yang memungkinkan pengguna menikmati waktunya saat berlabuh,” tambahnya.

Terdapat dua model Descent seri G1 yang resmi dihadirkan Garmin di tanah air, yakni Descent G1 dan Descent G1 Solar. Sesuai namanya, Garmin Descent G1 Solar dilengkapi dengan sel surya sehingga bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi tambahan selain baterai. Alhasil, Garmin Descent G1 Solar menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama, bahkan diklaim bisa sampai tak terbatas — bisa digunakan terus-menerus tanpa harus diisi ulang energi baterainya — pada kondisi tertentu.

Adapun fitur sehubungan selam yang dikatakan Garmin ditawarkan Descent seri G1 seperti rating air 10 ATM, dukungan beberapa mode penyelaman, kompas digital 3-sumbu, peringatan kedalaman dengan getaran, kedalaman, waktu menyelam, suhu, NDL/TTS, tingkat pendakian/penurunan, campuran gas, PO2, pemuatan N2, dan informasi dekompresi/penghentian keselamatan. Garmin Descent seri G1 juga akan secara otomatis menandai titik masuk dalam air dan keluar permukaan air menggunakan dukungan satelit multi-GNSS serta mencatatnya di aplikasi pendamping Garmin Dive. Pengguna bisa dengan mudah meninjau analisis secara detail dari setiap aktivitas selam yang dilakukan.

Sementara, untuk kesehatan dan olahraga lain, fasilitas yang ditawarkan Garmin Descent seri G1 antara lain pemantauan tidur dengan skor tidur, berbagai aplikasi olahraga dalam dan luar ruangan, VO2 Max, Usia Kebugaran, Status Pelatihan, Waktu Pemulihan, HIIT Workouts, dan Latihan yang Disarankan Harian. Terdapat pula Widget Surfline terintegrasi yang memberikan pengguna yang gemar berselancar representasi visual dari informasi pasang surut, tinggi gelombang, angin, dan peringkat kualitas selancar.

Fasilitas dasar yang lazim hadir pada smartwatch seperti notifikasi panggilan, SMS, dan pengingat kalender tentunya tidak ketinggalan tersedia pada Garmin Descent seri G1 tatkala terhubung ke smartphone yang sesuai. Sebagai smartwatch, Garmin mengeklaim baterai Descent seri G1 bisa bertahan sampai 3 minggu. Adapun sebagai perkakas selam, Garmin mengeklaim baterai Descent seri G1 bisa bertahan sampai 25 jam. Namun, khusus Garmin Descent G1 Solar, sebagai smartwatch, baterainya bisa bertahan sampai 4 bulan. Bahkan, Garmin Descent G1 Solar bisa digunakan terus-menerus bila menggunakan mode hemat daya.

Memiliki dimensi 45,5 x 45,5 x 15,2 mm, bobot sampai 66 gr, layar 23 x 23 mm beresolusi 176 x 176 piksel; Garmin Descent seri G1 memiliki harga resmi mulai dari Rp9.159.000 di Indonesia. Secara spesifik Garmin Descent G1 dibanderol dengan harga Rp9.159.000, sedangkan Garmin Descent G1 Solar denga harga Rp10.799.000. Keduanya telah tersedia secara luring di Garmin Brand Store, Urban Republic, Erafone, dan dealer resmi Garmin; serta secara daring di Garmin Official Store yang tersedia di Tokopedia, Shopee, dan Eraspace.