Find Us On Social Media :

Alasan YouTube Bakal Hentikan Aplikasi YouTube Go Agustus 2022

By Rizal, Jumat, 6 Mei 2022 | 09:30 WIB

YouTube Go

YouTube akan menghentikan aplikasi YouTube Go atau Lite pada Agustus 2016. YouTube menyarankan pengguna aplikasi YouTube Go untuk pindah ke aplikasi YouTube biasa di Android atau mengunjungi youtube.com di browser.

YouTube Go sendiri adalah alternatif aplikasi yang menawarkan kapasitas ringan dengan beberapa fitur yang dipangkas seperti pengguna tidak memiliki kemampuan untuk berkomentar, mengunggah, dan membuat konten, atau menggunakan mode gelap sama sekali.

Ketika diperkenalkan lima tahun lalu, YouTube Go didesain untuk pengguna di daerah dengan kendala koneksi internet yang lebih lambat, mahal dan para pengguna yang didominasi dengan perangkat low end.

“Untuk bisa tetap mengakses, sebaiknya pengguna YouTube Go memasang aplikasi utama YouTube atau mengunjungi youtube.com di browser,” bunyi pengumuman bagian support Google seperti dikutip GSM Arena.

Jika dibandingkan dengan YouTube Go, YouTube memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

"Kami harus menyebutkan pula peran pasar smartphone yang tumbuh drastis lima tahun belakangan," kata Google.

"Para pabrikan meluncurkan perangkat-perangkat dengan kapasitas RAM dan penyimpanan yang lebih besar, pengelolaan baterai dan pemrosesan power yang lebih baik, yang seluruhnya menolong aplikasi-aplikasi reguler untuk berjalan mulus tanpa isu besar," pungkasnya.

Perbedaan YouTube Biasa

Saat ini YouTube menjadi aplikasi terpopuler untuk melihat video di Internet. Tentunya, YouTube memiliki versi yang lebih ringan yaitu YouTube Go yang dirancang pengguna internet yang ingin menonton video menarik dan populer tanpa gangguan. 

Lantas, apa perbedaan antara Youtube dan Youtube Go seperti dilansir Guiding Tech:

Saat Anda mengetuk video di aplikasi Youtube Go, itu akan memulai pratinjau cepat video di mana Anda dapat memeriksa konten dan kualitasnya. Berdasarkan cuplikan video tersebut, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat apakah ingin memutar atau mengunduh video tersebut. Di aplikasi Youtube biasa, pengguna harus menonton video untuk mengonfirmasi keasliannya.

Kemudian, jika aplikasi Youtube biasa berfokus pada video daring, Youtube Go dirancang untuk video offline. Pengguna dapat mengunduh video secara gratis di perangkat Android. Anda dapat menonton video yang diunduh tanpa batas waktu.

Namun, video hanya dapat diakses melalui aplikasi Youtube Go karena Youtube mengenkripsi video di perangkat Anda. Ini berarti bahwa video tidak akan tersedia di aplikasi galeri Anda, tetapi Anda masih dapat membagikannya dengan teman-teman Anda.