Find Us On Social Media :

Instagram Dukung Para Kreator dan Kolektor untuk Tampilkan NFT

By Liana Threestayanti, Selasa, 10 Mei 2022 | 21:00 WIB

Instagram resmi memperkenalkan koleksi digital terkait NFT dari para kreator dan kolektor terpilih.

Instagram resmi memperkenalkan koleksi digital terkait non-fungible token atau NFT dari para kreator dan kolektor terpilih.

Instagram telah menjadi platform bagi para kreator untuk menginspirasi banyak orang dan mendorong budaya dari seluruh dunia. Berkat teknologi blockchain, para kreator kini dapat memanfaatkannya untuk meraup penghasilan dan para penggemar dapat mendukung para kreator favoritnya dengan membeli karya digital sebagai NFT. 

NFT dimanfaatkan para kreator untuk memiliki kendal lebih terhadap karyanya, menjalin hubungan dengan penggemar, dan memperoleh pendapatan (monetizing) dari koleksi digital miliknya.

Meta akan mulai menguji koleksi digital dengan beberapa kreator dan kolektor di Amerika Serikat. Apa saja fitur-fitur di Instagram terkait NFT?

Menghubungkan dompet digital: Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram.

Berbagi koleksi digital: Setelah kreator atau kolektor mem-posting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.

Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor: Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

Untuk menyediakan fitur ini, Instagram mengumpulkan dan mengatur data publik dari blockchain terbuka, seperti Ethereum. Dari data blockchain publik ini, Instagram hanya dapat mengidentifikasi koleksi mana yang menjadi milik kolektor dan kreator ketika mereka menghubungkan dompet pihak ketiga mereka ke Instagram. 

Blockchain yang akan didukung adalah Ethereum dan Polygon. Flow dan Solana akan menyusul hadir. Dompet pihak ketiga yang kompatibel untuk digunakan akan mencakup Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet. Sementara Coinbase, Dapper, dan Phantom akan segera hadir. Memposting atau membagikan koleksi digital di Instagram tidak akan dikenakan biaya.

Langkah ini disebut Meta penting bagi misinya memberdayakan lebih banyak orang dan kelompok yang kurang terwakili untuk memiliki akses ke aset digital, seperti NFT. Dengan dukungan ini, Meta berharap dapat membantu menjadikan ruang NFT lebih inklusif bagi semua komunitas.

Meta juga menekankan pentingnya menjaga Instagram agar tetap menjadii tempat yang aman bagi semua orang. Oleh karena itu, masyarakat dapat menggunakan fitur-fitur Instagram untuk menjaga keamanan akun mereka dan melaporkan koleksi digital yang bertentangan dengan pedoman komunitas Instagram. 

Di tahap awal ini, pengguna Instagram dapat melihat koleksi digital dengan mengikuti akun-akun ini: @adambombsquad, @bluethegreat, @bossbeautiesnft, @c.syresmith, @cynthiaerivo, @garyvee, @jenstark, @justmaiko, @maliha_z_art, @misshattan, @nopattern, @oseanworld, @paigebueckers, @phiawilson, @swopes dan @yungjake.

Meta juga menjanjikan akan segera memperluas akses ke koleksi digital, serta menyediakan manfaat dan keuntungan atas kepemilikan NFT kepada lebih banyak kreator dan kolektor di seluruh dunia.