Find Us On Social Media :

Apple Resmi Hentikan Produksi Pemutar Musik Legendaris iPod Touch

By Rizal, Kamis, 12 Mei 2022 | 15:00 WIB

Apple Luncurkan iPod Touch Terbaru dengan chipset iPhone 7, Harganya?

Apple resmi menghentikan produksi perangkat khusus pemutar layanan multimedia iPod Touch.

"Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod memberikan dampak tidak hanya di industri musik -- itu juga mendefinisikan bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan," kata Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak dalam keterangannya, seperti dikutip dari Cnet.

Apple meluncurkan iPod Touch usai mengikuti jejak Sony Walkman yang menghadirkan perangkat untuk mendengarkan musik. Apple sendiri telah memperkenalkan banyak varian iPod termasuk iPod asli, iPod nano yang populer, iPod Shuffle yang ikonik, dan tentu saja, iPod touch.

Apple pertama kali mengenalkan iPod pada Oktober 2001 sebagai pemutar musik MP3 pertama yang bisa menyimpan 1.000 lagu. Saat itu meluncurkan iPod merupakan risiko besar bagi Apple yang masih berusaha untuk bangkit setelah hampir bangkrut dua tahun sebelumnya.

Tidak disangka iPod justru membantu mengubah Apple menjadi raksasa elektronik seperti sekarang ini. Perangkat ini dengan cepat mendominasi pasar MP3 player, dan iPod bahkan menyumbangkan 40% pendapatan Apple pada tahun 2006. Pada tahun 2011, Apple menguasai 70% pasar MP3 player global dan hingga saat ini sudah ada 400 juta unit iPod yang terjual.

iPod touch generasi pertama diluncurkan pada 2007 berbarengan dengan perilisan iPhone pertama.

Perbedaannya, iPod Touch tidak dapat membuat panggilan telepon. iPod Touch terbaru dirilis hampir tepat tiga tahun yang lalu pada 2019, meskipun sebagian besar mirip dengan model generasi sebelumnya seperti dikutip GSM Arena.

Pada 2007, Apple merilis iPod Touch dengan desain yang mirip iPhone generasi pertama lengkap dengan layar sentuhnya.

iPod Touch versi terbaru yang dirilis pada tahun 2019 menawarkan fitur yang hampir menyamai iPhone karena bisa digunakan untuk mengambil foto, mengirimkan email, dan melakukan video call.

Dengan dimatikannya iPod Touch, maka berakhir pula era iPod yang pertama kali dikenalkan dua dekade lalu. Kehadiran iPod Touch generasi pertama dibayang-bayangi oleh iPhone. Saat pertama kali mengenalkan iPhone pada Juni 2007, Steve Jobs mengatakan iPhone merupakan kombinasi tiga produk: iPod, telepon, dan komunikator internet.

Saat ini Apple masih menjual iPod Touch dengan harga mulai dari USD 199 dan akan tersedia sampai stoknya habis. Produk hybrid iPhone dan iPod ini tersedia dalam tiga varian yaitu 32GB, 128GB, dan 256GB, dan dalam enam pilihan warna.