Find Us On Social Media :

AMD Rilis Tiga Kartu Grafis Radeon RX 6000 Series. Apa Saja?

By Dayu Akbar, Jumat, 13 Mei 2022 | 10:00 WIB

AMD meluncurkan lini produk kartu grafis Radeon RX 6000 Series yaitu AMD Radeon RX 6950 XT, Radeon RX 6750 XT, dan Radeon RX 6650 XT. Sebagai kartu grafis paling bertenaga dalam keluarga Radeon RX 6000 Series, AMD Radeon RX 6950 XT memiliki game clock  2.1GHz yang digabungkan dengan memori GDDR6 berkecepatan tinggi 16 GB. Kombinasi ini menghadirkan kinerja luar biasa dan visual memukau untuk judul AAA dan esports yang paling menuntut pada resolusi 4K dengan pengaturan maksimal. Sementara kartu grafis AMD Radeon RX 6750 XT menawarkan pengalaman gaming mutakhir dan berkinerja tinggi pada resolusi 1440p dengan pengaturan maksimal, sedangkan kartu grafis AMD Radeon RX 6650 XT menawarkan gaming 1080p dengan kecepatan refresh yang sangat halus dengan pengaturan maksimal di judul terbaru.

Semua kartu grafis AMD Radeon tersebut dibangun di atas terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2, termasuk pengoptimalan proses ditambah peningkatan firmware dan perangkat lunak, dan dilengkapi dengan teknologi AMD Infinity Cache berlatensi rendah dan bandwidth tinggi serta memori GDDR6 yang sangat cepat hingga 18Gbps. Selain itu juga mendukung Microsoft Windows 11 dan Microsoft DirectX 12 Ultimate, AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) 1.0, teknologi upscaling AMD FSR 2.0 dan AMD Radeon Super Resolution yang akan datang, serta fitur-fitur canggih lainnya.

“Ada tiga miliar gamer di seluruh dunia dan terus bertambah, dan sekitar setengahnya bermain di PC,” kata Scott Herkelman, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum, Unit Bisnis Grafis di AMD. “Seiring bertambahnya jumlah gamer, kartu grafis Radeon baru ini akan memberikan pengalaman dan kinerja gaming tingkat lanjut. Dan efisiensi luar biasa dari arsitektur AMD RDNA 2 memberikan kinerja per dolar yang jauh lebih baik dengan kartu grafis Radeon baru dibandingkan dengan pesaingnya,” lanjutnya.

Kartu grafis AMD Radeon RX 6950 XT, Radeon RX 6750 XT dan Radeon RX 6650 XT diharapkan tersedia dari etailers/retailer global dan mitra dewan AMD seperti ASRock, ASUS, BIOSTAR, Gigabyte, MSI, Safir, PowerColor, XFX dan Yeston. Sementara versi terbaru AMD Software: Adrenalin Edition telah tersedia sejak 10 Mei 2022.