Find Us On Social Media :

Bikin Rugi, Netflix Bakal Larang Berbagi Password Akhir Tahun Ini

By Adam Rizal, Jumat, 13 Mei 2022 | 13:00 WIB

Ilustrasi Netflix

Layanan streaming Netlfix akan melakukan tindakan tegas dengan melarang praktik password sharing atau berbagi password yang dilakukan pelanggannya. Praktik itu terbukti membuat pendapatan Netflix anjlok dan merugikan perusahaan.

Informasi itu bocor dari sebuah memo perusahaan yang dikirim ke karyawan. Menurut The New York Times itu, Netflix akan mulai melarang praktik berbagi password itu pada kuartal-IV 2022 atau akhir tahun ini.

Sayangnya, Netflix belum mengungkapkan sanksi apa yang akan diberikan kepada pelanggan jika masih nekat berbagi password seperti dikutip BGR.

Netflix juga akan berencana menghadirkan opsi tayangan iklan kepada pelanggan dengan harga langganan yang lebih murah pada akhir tahun ini. Jika rencana itu terbukti, maka lebih cepat dari wacana sebelumnya.

Co-CEO Netflix Reed Hastings mengatakan opsi langganan dengan iklan baru akan tersedia dalam satu atau dua tahun ke depan. Belum jelas apa alasan Netflix mempercepat tenggat dua rencana itu.

Juru bicara perusahaan juga menolak memberikan tanggapan.

Berbagi password Netflix

Sebelumnnya, jumlah pelanggan berbayar Netflix turun drastis pada awal tahun ini. Netflix kehilangan jumlah pelanggan hingga 200.000 dari seluruh dunia, berdasarkan laporan keuangan Netflix kuartal-1 2022,

Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan berbagi password atau kata sandi di antara pengguna. Dalam laporan itu, Netflix memperkirakan ada 222 juta rumah tangga yang membayar untuk mengakses layanan video-on-demand miliknya.

Di sisi lain, akses akun Netflix itu juga dibagikan kepada lebih dari 100 juta rumah tangga tambahan, melalui kebiasaan berbagi akun alias password sharing. Hal itu menyalahi kebijakan Netflix yang memperbolehkan berbagi akun ekstra untuk keluarga, namun melarang praktik berbagi akun dengan cara lain.

"Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun, Anda perlu memiliki akun Anda sendiri untuk terus menonton," bunyi pesan dalam notifikasi tersebut, sambil menawarkan opsi langganan gratis selama 30 hari dengan membuat akun sendiri.

Kebijakan baru Netflix soal berbagi akun dan password ini agaknya tak disenangi oleh sejumlah pelanggan. Sehingga mendorong pelanggan untuk berhenti berlangganan Netflix.